Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tangerang melibatkan 70 orang dengan rincian 30 atlet, delapan pelatih, 10 asisten pelatih, satu manajer, dan 21 ofisial dalam event olahraga bagi pelajar disabilitas atau Pekan Paralimpik Pelajar Daerah (Peparpeda) VIII Banten.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang Kaonang di Tangerang, Senin, mengatakan berbagai persiapan telah dilakukan termasuk mempersiapkan kondisi atlet untuk bertanding.

Sebagai tuan rumah, Kota Tangerang menargetkan mampu meraih juara umum sama seperti Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XI Banten yang lalu.

"Mari bersama-sama berkolaborasi untuk kesuksesan Kota Tangerang sebagai tuan rumah dan mendukung kontingen Kota Tangerang meraih prestasi juara umum di ajang bergengsi ini,” kata dia.

Baca juga: Kota Tangerang siapkan atlet atletik paralimpik menuju Peparnas 2024

Ia menjelaskan dalam ajang Peparpeda VIII Banten ada enam cabang olahraga yang dipertandingkan yakni atletik, bulu tangkis, catur, tenis meja, renang dan bocia. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 2 - 5 Juli 2024.

Sementara itu ada enam venue yang digunakan dalam Peparpeda VIII Banten dengan kegiatan pembukaan di Tangerang Convention Center.

Keenam venue diantaranya Atletik di Stadion Benteng Reborn, Bulu Tangkis di Tirta Mas Modernland, Boccia di GOR Dimyati Tangerang, Catur di Hotel D'Prima, Renang di Yonif 203 Jatiuwung, Tenis Meja Awas di GOR Koang Jaya dan Tenis Meja Tuna Netra di Hotel D'Prima

Terkait persiapan, Kaonang menuturkan telah mematangkan semua kebutuhan persiapan seperti persiapan semua venue cabang olahraga yang akan digunakan, sampai persiapan teknis pelaporan hasil pertandingan nantinya. Pemkot Tangerang sebagai pelaksana lokal berkomitmen sukses prestasi, sukses penyelenggaraan dan sukses administrasi.

"Pemkot Tangerang juga menyediakan bonus prestasi sampai jaminan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) untuk seluruh kontingen," katanya.

Baca juga: Wawali Tangerang apresiasi atlet paralimpik raih kemenangan meski keterbatasan

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024