Kota Tangerang menyiapkan para atlet atletiknya untuk menghadapi Pekan Paralimpik Indonesia (Peparnas) di Sumatera Utara dan Aceh pada tahun 2024 setelah meraih juara umum pada Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) IV Banten 2022.

"Kini, atlet akan kembali disiapkan untuk menghadapi Peparnas di Sumatera Utara dan Aceh pada Desember 2024 mendatang. Alhamdulillah Atletik berhasil juara umum, sehingga mudah-mudahan atlet-atlet kita yang akan dikirim ke nasional," kata M Sutyon selaku penanggung jawab kontingen atletik Kota Tangerang, Kamis

Baca juga: Wawali Tangerang apresiasi atlet paralimpik raih kemenangan meski keterbatasan

Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) IV Banten Cabang Olahraga Atletik yang berlangsung di Stadion Benteng Reborn, Kota Tangerang dengan tujuh kategori dan tiga ketunaan telah berakhir, Kamis (8/12/22).

Kontingen Kota Tangerang pun berhasil menduduki peringkat pertama pada klasemen akhir dengan mengumpulkan 27 medali yakni 18 medali emas, tujuh medali perak dan dua medali perunggu. "Dari 15 atlet terbaik yang kita miliki, kita berhasil meraih 27 medali," katanya

Posisi Kota Tangerang diikuti Kabupaten Tangerang dengan 21 medali, terinci 10 medali emas, sembilan medali perak dan dua perunggu. Sedangkan posisi ketiga diraih Kota Cilegon dengan 12 medali, terinci tujuh emas, tiga perak dan dua perunggu.

M Sutyon pun mengaku bangga dengan upaya para atlet yang telah berusaha secara maksimal hingga mampu menduduki peringkat pertama.

"Dibilang puas, tidak terlalu. Tapi, kami sebagai pelatih dan pendamping pastinya bangga dengan para atlet Kota Tangerang yang telah berjuang, memberikan penampilan terbaiknya untuk Kota Tangerang," ujarnya.

Ia pun menuturkan, ada perolehan emas yang meleset pada kategori lari sebab atlet pria Kota Tangerang jatuh. Sedangkan yang perempuan di 400 meter tidak memiliki lawan.

Sementara itu, Deden Komarudin atlet Lempar Lembing yang berhasil meraih medali emas mengatakan telah menjadi atlet selama 20 tahun dan dan senang bisa mempersembahkan kemenangan.

"Tadi berhasil membubuhkan lemparan terbaik. Sempat diskualifikasi di lemparan pertama, tapi lemparan kedua berhasil 23,80 meter dan ketiga 27,71 meter. Senang dan bangga, karena saya juga berhasil emas di lempar cakram dan perak di tolak peluru," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022