PT PGN Tbk sebagai Subholding Gas PT Pertamina Persero, mengumpulkan sampah ratusan kilogram sampah pada Coastal Clean Up (CCU) atau aksi bersih pantai di Pantai Teluk Labuan Labuan, Pandeglang, Banten dalam rangka menyemarakkan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024.

PGN lakukan aksi peduli lingkungan dengan program menjaga kebersihan dan kelestarian di Pantai Teluk berkolaborasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Pemerintah Provinsi Banten serta Pemerintah Daerah Pandeglang.

Kegiatan CCU ini dihadiri 426 peserta dari berbagai unsur ASN, TNI, POLRI, pelajar mahasiswa, komunikasi lingkungan, masyarakat serta pekerja PGN pada 5-7 Juni.

“Kegiatan bersih pantai di Pantai Teluk Labuan sebagai momentum bagi PGN bersama stakeholder dan masyarakat melakukan aksi bersama menjaga kebersihan lingkungan. Dengan menjaga kebersihan serta kelestarian di garis pantai, maka kita ikut membantu untuk melestarikan ekosistem di lautan dan meminimalisir pencemaran lingkungan sekitarnya,” kata Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PGN, Rachmat Hutama dalam keterangan yang diterima media.

Baca juga: Relawan-pegawai PLN Banten kolaborasi bersih sampah di Pantai Terang

Sebagai Subholding Gas Pertamina, PGN ingin merealisasikan aspek Environmental, Social, dan Government (ESG) pada berbagai kegiatan, sekaligus membaur dengan masyarakat sekitar agar dapat memberikan manfaat secara langsung bagi masyarakat.  

“Semoga PGN dapat terus konsisten dalam meningkatkan kesadaran dan menyelenggarakan kegiatan yang peduli lingkungan secara rutin dan berkelanjutan,” ujar Rachmat.

Pantai Teluk Labuan memiliki historis terkait pengelolaan sampah, PGN ikut tergerak untuk berkegiatan membersihkan sampah di sana. Dengan kondisi pantai yang bersih, diharapkan dapat semakin menghidupkan wisata pantai serta kuliner laut yang berada di sekitar pantai. Keadaan tersebut juga akan membantu meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat melalui hidupnya pariwisata di Pantai Teluk Labuan. Selain itu, kegiatan ini untuk mengurangi pencemaran yang diakibatkan oleh sampah organik dan non organik.

Melalui kegiatan bersih pantai ini, diharapkan dapat menjadi aksi yang bisa menggugah kesadaran semua pihak untuk senantiasa menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampai di pantai maupun sungai yang bermuara di lautan, dan lebih menghargai keindahan pantai. Sinergi dengan pemerintah juga penting agar menghasilkan solusi dalam mengatasi permasalahan pengelolaan sampah di pantai.

Baca juga: Gubernur Banten ajak masyarakat bersama menjaga lingkungan

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024