Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banten mengajak taruna-taruni SMKN 4 Kota Cilegon berkunjung ke salah satu kapal perang tercanggih (alutsista) milik TNI AL yakni KRI Golok-688 yang bersandar di Pelabuhan PT  Krakatau Bandar Samudera (KBS), Jumat.

Komandan Lanal Banten, Kolonel Laut (P) Arif Rahman mengatakan, kegiatan tersebut digelar sebagai bentuk wisata edukasi yang telah dicanangkan Oleh Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banten.

"Ini sesuai dengan yang dicanangkan Lanal Banten, sebagai wisata edukasi yakni salah satunya dengan menggelar atau melaksanakan "Open Ship atau Warship Tour" dengan tujuan mengenalkan kepada para taruna-taruni SMKN 4 Kota Cilegon tentang kapal perang yang dimiliki negara Indonesia," katanya.

Kunjungan ini juga dilaksanakan untuk berbagi wawasan bahwa di dalam kapal perang terdapat berbagai macam teknologi canggih yang meliputi sensor, deteksi, weapon, senjata dan command atau perintah (SEWACO). 

Baca juga: Lanal Nunukan gagalkan penyelundupan 50 karung "ballpres" dari Malaysia

Lebih lanjut Kolonel Laut (P) Arif Rahman juga menjelaskan, KRI Golok-688 yang merupakan alutsista TNI Angkatan Laut ini tak diawaki oleh sembarang prajurit. 

"Ya jadi untuk mengawaki KRI Golok-688 ini, juga dibutuhkan prajurit handal, disiplin, tanggung jawab serta mental patriotis dalam memikul tugas yang Negara berikan pada Sebuah Kapal Perang Republik Indonesia (KRI). Jadi tidak bisa orang sembarangan,"  katanya.

Sebelum keliling kapal para taruna-taruni juga diberikan pengarahan tentang tata tertib maupun aturan yang harus diikuti selama di atas kapal.

Agar pelaksanaan wisata edukasi berjalan lancar. Selanjutnya dipandu Prajurit KRI Golok-688 dikenalkan sekaligus diberikan penjelasan terkait Peralatan maupun Alutsista yang dimiliki KRI Golok-866.

Wisata Edukasi kali ini selain mendengarkan penjelasan mengenai peralatan Navigasi dan Senjata yang ada di Kapal, para taruna-taruni sangat antusias untuk sharing pengalaman dengan Prajurit KRI Golok-688 sebagai bahan pelajaran di sekolah mengingat salah satu Jurusan di SMKN 4 Cilegon yaitu jurusan Nautika dan Mesin.

Baca juga: Peringatan HUT ke-41, Lanal Banten tanamkan rasa cinta pada satuan

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024