Sebanyak 224 pesilat muda yang merupakan kontingen dari delapan Kabupaten/Kota di Provinsi Banten mulai menjalani pertandingan cabang olahraga pencak silat dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XI Banten 2024 di Kota Tangerang, Kamis.

Ketua Panitia Cabang Pencak Silat Tomy Sugiyanto di Tangerang Kamis mengatakan 224 pesilat muda tersebut akan berkompetisi memperebutkan prestasi di ajang bergengsi tersebut selama lima hari ke depan.

Beberapa nomor yang dipertandingkan, mulai dari kelas tanding (A-I), kelas seni tunggal, kelas seni ganda, sampai kelas seni beregu.

“Hari ini, cabor pencak silat mulai digelar lebih awal. Berdasarkan data yang ada, terdapat 224 pesilat muda yang siap unjuk bakat, bertanding, sekaligus menunjukkan prestasinya mewakili kabupaten/kota kebanggaannya masing-masing,” kata Tomy di lokasi venue cabor pencak silat di Balekota Mal Kota Tangerang.

Baca juga: Dispora Kota Tangerang siapkan 100 relawan bantu panitia Popda 2024

Tidak hanya itu, seluruh pesilat muda dari semua kontingen juga terlihat bertanding dengan kekuatan yang maksimal. Tidak terkecuali, kontingen Kota Tangerang selaku tuan rumah juga sangat optimis dapat mendominasi kejuaraan lewat 28 pesilat muda potensial yang telah disiapkan dari berbagai perguruan ternama.

“Kami berharap kejuaraan ini dapat disambut secara meriah. Terlebih, kejuaraan ini menjadi sangat penting untuk meningkatkan potensi para pesilat muda sebelum menuju karir profesionalnya,” ujarnya.

Selain itu, kejuaraan Popda XI Banten 2024 juga diharapkan menjadi momentum penting untuk memproduksi atlet-atlet muda berbakat yang potensial meraih prestasi di masa depan, khususnya di cabor pencak silat sebagai cabor pembuka yang dipertandingkan.

“Kejuaraan kali ini sangat ditunggu-tunggu oleh semua pesilat muda di Banten, semoga berjalan lancar, sukses, serta mampu melahirkan pesilat muda yang berprestasi,” kata Ketua Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Banten, Ajat Sudrajat.

Baca juga: Bupati Tangerang lepas kontingen ke Popda Banten 2024

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024