Menjelang Hari Raya Idul Adha, lapak penjual hewan Kurban di Banten kian meningkat dan dapat ditemui di berbagai lokasi termasuk di sepanjang jalan raya. Para penjual hewan kurban berjualan selama 24 jam hingga tiba Hari Raya Idul Adha. 

Kondisi ini tentunya membutuhkan penerangan listrik agar hewan kurban dalam kondisi aman dan terpantau khususnya pada malam hari.

Menjawab kebutuhan pelanggan akan daya listrik selama Idul Adha, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Banten (PLN UID Banten) melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Banten Utara (PLN UP3 Banten Utara) melakukan pengecekan lapak hewan kurban yang berlokasi di beberapa titik di wilayah kerjanya seperti Unit Layanan Pelanggan (PLN ULP) Cilegon di daerah Ketileng, Kota Cilegon, ULP Serang di daerah Calung dan Cikepuh serta ULP Cikande di Desa Kiara Kecamatan Walantaka, Kota Serang.

Pengecekan tersebut dilakukan untuk memastikan penerangan yang digunakan di lapak-lapak penjual tersebut legal dan aman, sehingga terhindar dari bahaya korsleting listrik akibat pencurian listrik yang bisa menyebabkan kebakaran dan menimbulkan kerugian. Selain melakukan pengecekan kelistrikan PLN juga memastikan kebutuhan listrik para pedagang hewan kurban dengan menawarkan program layanan penyambungan sementara bertajuk "'Pas Di Hati - Penyambungan Sementara dengan Efisien, Andal, Cepat, dan Mendukung Langit Biru"

Baca juga: Golongan pelanggan rumah tangga disebut kunci membaiknya kinerja PLN 2023

General Manager PLN UID Banten Abdul Mukhlis menjelaskan bahwa PLN telah menghadirkan layanan kelistrikan sementara seperti untuk kebutuhan pesta, hajatan, dan keperluan lain semisal penerangan lapak penjualan hewan kurban temporer. Ia menerangkan bahwa layanan tersebut dapat diakses melalui fitur Penyambungan Sementara di aplikasi PLN Mobile. 

“Fitur ini dihadirkan PLN untuk melayani pelanggan yang menginginkan sambungan sementara dengan pemasangan daya listrik sementara waktu untuk kegiatan tertentu seperti pada momen menjelang Idul Adha bagi para pedagang hewan kurban. Cukup melalui PLN Mobile, pelanggan bisa mengajukan sambung sementara secara cepat, mudah, dan praktis sehingga tidak perlu lagi menyewa genset,” kata Abdul Mukhlis dalam keterangan resminya.

Secara khusus Abdul Mukhlis juga mengajak pelaku usaha perdagangan hewan ternak untuk menggunakan layanan penyambungan sementara ini. Ia memastikan bahwa listrik PLN andal sehingga dapat memenuhi kebutuhan kelistrikan lapak hewan kurban, lebih ramah lingkungan, serta dijamin akan lebih efisien jika dibandingkan dengan menggunakan mesin berbahan bakar solar.

Baca juga: PLN Banten sambung listrik ke PT Xiangyi Nonferrous Logam

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024