Dosen Universitas Lantansa Mashiro (Unilam) Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Mochamad Husen, mengatakan Indonesia kini menjadi negara besar berkat Pancasila sebagai ideologi negara yang mampu memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.
 
"Kita berharap nilai-nilai Pancasila harus tetap dijalankan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unilam Rangkasbitung itu pada peringatan Hari Lahir Pancasila di Lebak, Banten, Sabtu.
 
Masyarakat Indonesia yang memiliki keberagaman perbedaan keyakinan agama, suku, budaya, adat, bahasa dan sosial, namun hingga kini tetap kokoh dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
 
Keberagaman dari Sabang sampai Merauke itu menjadi kekuatan Indonesia sebagai negara besar yang disegani dunia.
 
Begitu juga krisis era globalisasi di dunia yang menimbulkan perang saudara, karena mereka tidak memiliki landasan falsafah negara yang bisa memperkuat persatuan dan kesatuan.

Baca juga: Harlah Pancasila momen tingkatkan sinergitas menuju Indonesia Emas
 
Saat ini, krisis kemanusiaan di Palestina, Suriah dan negara lainnya cukup tragis hingga ribuan orang dilaporkan meninggal dunia.
 
Karena itu, pihaknya sebagai dosen selalu menyampaikan kepada mahasiswa agar mengamalkan nilai-nilai ideologi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
 
Pengamalan ideologi Pancasila, selain menumbuhkan jiwa patriotisme kebangsaan dan mencintai tanah air juga mengimplementasikan kedamaian, kerukunan, keharmonisan dan saling tolong menolong serta gotong royong dalam kehidupan di tengah masyarakat.
 
"Kami meyakini negara akan kuat dan kokoh serta disegani dunia dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila yang bisa mempersatukan bangsa itu," katanya menjelaskan.

Baca juga: Pancasila terbukti mampu persatukan bangsa
 
Menurut dia, dirinya sebagai politisi dan mantan anggota DPRD Kabupaten Lebak mengapresiasi masyarakat di daerah ini yang heterogen dan pluralisme tetap bersatu dan damai.
 
Mereka melaksanakan pemahaman dan tindakan nyata untuk menjalani nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
 
Buktinya, kata dia, selama ini masyarakat Kabupaten Lebak belum pernah terjadi konflik sosial ataupun perpecahan karena berkat budaya Pancasila itu.
 
Bahkan, setiap pekan di lingkungan masyarakat di daerah ini melaksanakan kegiatan gotong royong untuk menjaga lingkungan bersih dan sehat secara bersama-sama.
 
"Kami minta masyarakat agar terus memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam pemahaman dan tindakan nyata, sehingga dapat membawa kehidupan yang sejahtera di masyarakat," pungkas Mochamad Husen.

Baca juga: Pemkot Tangerang bagikan bendera Merah Putih pada Hari Lahir Pancasila
 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024