Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memastikan bahwa keberadaan investasi di Kabupaten Serang  Banten cukup kondusif berdasarkan hasil dari penilaian Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Republik Indonesia.
 
"Hal itu tercipta karena adanya komunikasi yang baik antara perusahaan, buruh dan pemerintah daerah," kata Tatu, usai menghadiri Puncak Peringatan Mayday Internasional Tahun 2024 yang digelar Aliansi Serikat Pekerja dan Serikat Buruh (ASPSB) Kabupaten Serang di salah satu hotel di Serang, Rabu.
 
Selain itu, hal ini juga berdasarkan penilaian narasumber dari Kementerian Ketenagakerjaan, bahwa kondisi investasi di Kabupaten Serang cukup kondusif.
 
Dengan terjaganya investasi di Kabupaten Serang, sehingga mempunyai modal daerah yang aman atas kebersamaan antara buruh, industri dan pemerintah daerah. Karena sebuah komponen satu kesatuan tidak bisa dipisahkan antara pemerintah, pekerja buruh dan industri.

Baca juga: Kabupaten Serang raih sembilan penghargaan percepatan penurunan stunting
 
Dalam perjalanannya kemungkinan pemerintah dalam membuat aturan-aturan dianggap sudah sempurna, akan tetapi pandangan dari para buruh berbeda hal itu bukan suatu masalah.
 
"Kunci utama komunikasi. Kalau soal perbedaan pasti banyak perbedaan, Itu bisa diselesaikan duduk lagi kita bahas bersama. Jadi kuncinya komunikasi," katanya.
 
Fungsi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) memfasilitasi, memediasi jika adanya persoalan baik terkait soal upah buruh yang belum sesuai dengan aturan itu bisa dilakukan mediasi antara pihak industri, pemerintah dan buruh.
 
"Hal itu supaya persoalan makin berkurang. Karena mungkin ada upah perusahaan tidak memenuhi persyaratan karena perusahaan dalam kondisi yang hampir bangkrut, itu harus di pahami kita semua, cari solusinya bareng-bareng," katanya.
 
Ketua ASPSB Kabupaten Serang, Asep Saefulloh mengatakan pada Peringatan Puncak Mayday 2024 pihaknya juga menyampaikan aspirasi demi kesejahteraan para buruh. Diharapkan apa yang menjadi aspirasi bisa di realisasi oleh pemerintah.
 
"Harapannya ada proses pembenahan untuk hal-hal ketenagakerjaan di Kabupaten Serang," ujarnya.

Baca juga: RSDP Serang raih penghargaan Kemenkes soal uji kompetensi

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024