Pemerintah Kota Tangerang mengajak masyarakat untuk memanfaatkan berbagai layanan program gratis yang disediakan mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, modal usaha hingga pelatihan kerja.  

Kepala Bidang Diseminasi Informasi Komunikasi Publik (DIKP) Diskominfo Kota Tangerang Ian Chavidz Rizqiullah di Tangerang, Sabtu mengatakan beberapa program gratis yang disediakan Pemkot di antaranya biaya persalinan dan kesehatan umum di 39 puskesmas melalui Dinas Kesehatan (Dinkes),

Lalu gratis biaya pengurusan tanda penduduk, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan surat-surat lainnya melalui Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Baca juga: Wali Kota Tangerang sosialisasikan surat edaran netralitas ASN di Pilkada

Ada juga gratis biaya pendidikan melalui Dinas Pendidikan (Dindik) seperti sekolah swasta gratis, beasiswa Tangerang Cerdas untuk peserta didik kurang mampu hingga penyandang disabilitas hingga bantuan pendidikan untuk mahasiswa perguruan tinggi.  

Kemudian gratis biaya akta nikah, gratis penambahan modal usaha melalui program Tangerang EMAS dan Tangerang BISA ditambah sederet pelayanan pengembangan usaha.

"Seperti, uji laboratorium, NIB, sertifikasi halal hingga merek gratis bagi para IKM dan UMKM melalui Disperindagkop UKM Kota Tangerang," katanya.

Tak hanya itu, di Kota Tangerang juga tersedia Balai Latihan Kerja (BLK) dengan delapan pelatihan gratis. Serta, tersedia layanan gratis biaya ambulans hingga mobil jenazah gratis yang beroperasional selama 24 jam penuh dan call center kegawatdaruratan 112.  

Ia pun berharap, program-program tersebut dapat kian dikenal masyarakat Kota Tangerang. "Sehingga, penerima manfaat atas program-program tersebut dapat kian banyak atau dirasakan keberadaannya oleh masyarakat luas Kota Tangerang," katanya.  

Baca juga: Pemkot Tangerang kurasi 105 produk UMKM ikuti "UMKM Award"

 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024