Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menggelar Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-54 tingkat Kabupaten Serang. 
 
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Nanang Supriatna, di Serang mengatakan MTQ berlangsung pada 27 sampai 30 Mei dan Kecamatan Cinangka sebagai tuan rumah pelaksanaannya.
 
"Cinangka termasuk wilayah wisata pantai, maka bisa juga untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan hotel-hotel terisi untuk para dewan hakim. Nanti tinggal pengerahan massa," kata Nanang dalam keterangannya, Sabtu.
 
Masyarakat juga diminta untuk hadir dan  mendatangi lokasi MTQ tingkat Kabupaten Serang ke-54 tersebut, dalam rangka memeriahkan kegiatan tersebut. 
 
"Imbauan masyarakat datang sebanyak-banyaknya ke 11 tempat perlombaan yang sudah kita siapkan, ajak pihak sekolah, ponpes untuk bisa hadir sebagai edukasi siswa-siswa," katanya. 

Baca juga: Pemkot Serang evaluasi penyerapan anggaran 2023
 
Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kabag Kesra) Setda Kabupaten Serang, Mamak Abror, mengatakan kegiatan tepatnya di Pantai Florida yang dimulai pukul pada 13.00 WIB. 
 
"Dijadikannya Cinangka sebagai tuan rumah diharapkan potensi-potensi yang ada di Kabupaten Serang bisa menghidupkan UMKM dan pariwisata," ujarnya. 
 
Adapun untuk jumlah setiap kecamatan maksimal mengirimkan sebanyak 50 orang meliputi LPTQ, unsur muspika, kepala desa, kader PKK, ormas-ormas islam, unsur kepemudaan, karang taruna dan semua elemen masyarakat terlibat dalam penyelenggaraan MTQ. 
 
"Kalau untuk kafilah itu tergantung LPTQ kecamatan yang menentukannya," katanya. 
 
Sedangkan untuk cabang yang akan di lombakan pada ajang tahunan tersebut, terdapat 8 cabang dan 21 golongan diantaranya tilawah meliputi tartil anak-anak, tilawah anak-anak, remaja dewasa, canet, qiroath mujawwad dewasa. 
 
Tahfidz meliputi 1 Juz dan tilawah, 5 Juz dan Tilawah, 10 Juz, 20 Juz, dan 30 Juz, tafsir meliputi Bahasa Arab Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, MFQ (Musabaqoh Fahmil Qur'an), MSQ (Musabaqoh Syarhil Qur'an), MQK Musabaqoh Qiroatul Kutub) Ula, Wustho dan Ulya, MMQ (Menulis Makalah Qur'an) / KTIQ (Karya Tulis Ilmiah Al Qur'an) dan Hifdzil Hadist (Hadist 500).

Baca juga: Ratusan rumah di Kabupaten Serang terendam banjir

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024