Pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah regional di Banten ditargetkan mulai dibangun pada 2025 yang rencananya berlokasi di Kecamatan Cileles Kabupaten Lebak.

"Lahannya punya PT Perhutani, di sekitar Kecamatan Cileles Lebak. Kebutuhannya sekitar 150 hektare," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Banten Wawan Gunawan di Serang, Selasa.

Wawan mengatakan rencana pembangunan TPA regional tersebut masih berproses dan menunggu izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Karena nanti kan pengelolaanya oleh DLHK. Mudah-mudahan secara bertahap 2025 bisa dimulai," kata Wawan.

Baca juga: Pemkot Tangerang upayakan reduksi sampah minimalkan buangan ke TPA

Ia mengatakan pembangunan fisik TPA tersebut akan dilaksanakan oleh Dinas PUPR. Sedangkan pengelolaannya nanti akan dilakukan oleh DLHK Provinsi Banten.

Wawan mengatakan TPA regional tersebut nantinya untuk menampung sampah-sampah dari kabupaten/kota yang saat ini lokasi TPA sudah tidak memadai. Bahkan masih ada beberapa daerah yang tidak memiliki TPA sampah di wilayahnya.

"Misalnya dari Tangerang Selatan, selama ini kan kerja sama dengan Pemkot Serang membuang sampahnya ke Cilowong. Kalau Cilowong sudah tidak mampu menampung nantinya, ini perlu diantisipasi," kata Wawan.

Wawan juga mengatakan pihaknya masih melakukan kajian terkait dengan teknologi yang akan digunakan nantinya untuk pengolahan sampah tersebut agar bisa dimanfaatkan.

Baca juga: DLH ajak warga buat bank sampah untuk kurangi pembuangan ke TPA

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024