Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin mengusulkan untuk membangun community center dan juga creative hub agar menegaskan eksistensi Masjid Jami Kali Pasir sebagai lokasi kunjungan wisata religi.

"Supaya ketika ada wisatawan, ada pula aktivitas masyarakat yang mendukung potensi wisata religi dari Masjid Jami Kali Pasir," kata Pj Wali Kota Tangerang Nurdin dalam keterangannya di Tangerang, Sabtu. 

Ia menjelaskan keberadaan Masjid Jami Kali Pasir selain sebagai masjid tertua, juga merupakan saksi penyebarluasan syiar agama Islam di Kota Tangerang. Juga sebagai ikon kebanggaan masyarakat dan telah resmi menjadi salah satu cagar budaya sejak tahun 2011 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Baca juga: Pemkot Tangerang ajak masyarakat kunjungi tempat wisata naik Bus Tayo

"Masjid Jami Kali Pasir harus terus dilestarikan karena memiliki sejarah dalam penyebarluasan syiar agama Islam di Kota Tangerang," ujarnya.

Dengan potensi besar yang dimiliki oleh Masjid Jami Kalipasir, lanjut dia, tentunya akan membawa dampak positif pula bagi masyarakat di sekitar jika pengelolaan kawasan cagar budaya dilakukan secara komprehensif dengan adanya peran serta aktif dari masyarakat.

"Oleh karena itu harus dikelola dengan optimal. Nanti Pemkot pasti bantu untuk kelengkapan administrasinya," kata Nurdin.

Baca juga: Pengumpulan zakat fitrah Kota Tangerang selama Ramadhan capai Rp8,7 miliar

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024