Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang, Banten menargetkan jumlah kunjungan pariwisata pada libur Lebaran tahun ini mencapai 530 ribu wisatawan.
 
Kepala Disporapar Kabupaten Serang Anas Dwi Satya Prasadya, di Serang, Banten, Kamis, mengatakan kunjungan wisatawan di Kabupaten Serang selama 2024 telah mencapai 2 juta wisatawan.
 
"Bukan hanya di wilayah Anyer-Cinangka, namun mulai dari wilayah Serang Timur dan Serang Barat," katanya pula. Mengingat destinasi wisata di Kabupaten Serang tidak hanya terdapat pada Pantai Anyer-Cinangka, ada juga Wondrland Anyer, D’Mangku, Waru Wangi, dan desa-desa wisata di wilayah Serang Timur.

Baca juga: Jalur wisata ke kawasan Pantai Carita macet sepanjang 5 kilometer
 
Untuk Anyer-Cinangka kunjungan wisatawan setiap tahunnya mengalami peningkatan mencapai 100 ribu wisatawan sejak tahun 2022 sampai 2023.
 
"Sedangkan untuk target libur Lebaran tahun ini, yakni sebanyak 530 ribu wisatawan untuk wilayah Anyer-Cinangka, mudah-mudahan tercapai," katanya pula.
 
Sedangkan untuk wisatawan, masih didominasi dari lokal juga dari Jabodetabek termasuk Depok dan Bogor.
 
”Destinasi wisata Pantai Anyer-Cinangka hingga kini masih menjadi magnet bagi wisatawan baik dari dalam maupun luar daerah,” katanya lagi.
 
Untuk menjamin agar target tersebut dapat terealisasikan, pihaknya akan bersinergi dengan seluruh stakeholder terkait, sehingga mau bekerja sama untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Kabupaten Serang.
 
“Pertama kami bersinergi pentahelix terutama dengan organisasi-organisasi yang konsen di bidang wisata. Lalu kami pun akan memasifkan promosi sehingga di 2024 ini targetnya bisa tercapai,” ujarnya pula.

Baca juga: Pemprov Banten gandeng kabupaten/kota bangun jalan wisata dan PJU

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024