Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mengecek sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di wilayah hukumnya guna memastikan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) selama masa mudik Lebaran 2024.

Wakasatreskrim AKP Slamet Dwijayanto di Tangerang, Sabtu, mengatakan bahwa pengecekan SPBU tersebut secara menyeluruh dengan mencakup alat ukur dan dispenser pengisian, serta tangki penyimpanan BBM di setiap SPBU.

"Pengecekan di SPBU Perimeter Utara dan Soewarna," katanya.

Baca juga: Dirut Pertamina sepakat cabut izin SPBU yang lakukan kecurangan

Menurut dia, kegiatan ini sebagai upaya memastikan ketersediaan stok BBM yang memadai, dan menjaga integritas dalam transaksi penjualan kepada masyarakat.

Selain itu, pengecekan ini juga untuk menjamin stok BBM aman, serta melindungi masyarakat dari kecurangan takaran, bahan bakar yang tercampur air, maupun pemalsuan BBM.

Kendati demikian, AKP Slamet mengimbau pengusaha SPBU untuk tidak mengutak-atik takaran di mesin pompa BBM, serta menjamin tidak tercampur air maupun kontaminasi lainnya.

"Kami tidak segan-segan memberikan sanksi tegas terhadap SPBU yang mencurangi meteran. Kami berharap tidak ada praktik-praktik kecurangan dalam transaksi pembelian BBM," katanya.

Baca juga: Sambut Lebaran, Astra Tol Tangerang-Merak berikan diskon tarif 10%

Ia juga menambahkan bahwa pihaknya juga akan melakukan patroli dialogis terhadap dua SPBU guna mencegah terjadinya gangguan kamtibmas.

"Seperti penimbunan BBM atau antrean panjang yang berpotensi menimbulkan keributan," ucapnya.

Kegiatan ini, kata dia, selaras dengan arahan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Karyoto, yakni memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, khususnya pada bulan suci Ramadhan serta menjelang mudik Lebaran 2024.

Baca juga: Kota Tangerang beri jaminan mudik Lebaran asyik dan aman

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024