Sejumlah pemangku kepentingan seperti pemerintah daerah, pengelola bandara dan tol, serta kepolisian di wilayah Tangerang berkomitmen memberikan jaminan mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah yang aman dan asyik.

Hal itu disampaikan para pemangku kepentingan di Tangerang dalam kegiatan diskusi publik bertema "Mudik Asyik dan Aman" di Balai Media Center (BMC) Tangerang Raya, Sabtu.

Penjabat Wali Kota Tangerang, Nurdin, mengatakan bahwa untuk periode mudik tahun ini pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai instansi guna memastikan kesiapan.

"Sebagai penyangga Jakarta, tentunya Kota Tangerang akan banyak dilintasi pemudik," ucapnya.

Baca juga: Pemkot Cilegon buka pendaftaran mudik gratis

Para pemudik di Tangerang mayoritas menuju Pulau Sumatera menggunakan jalur darat. Maka dari itu pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

"Selain itu pengawasan juga telah dilaksanakan dengan melakukan rambu petunjuk arah. Kemudian, memeriksa kesehatan pengemudi bus AKAP (antar kota antar provinsi)," ujar dia.

Sementara itu, Kadiv Ops dan Pemeliharaan Jalan Astra Infra Tol Tangerang-Merak, Samsul Chair, menyatakan, untuk melayani pemudik yang menggunakan jalur darat maka ruas-ruas jalan tol juga telah dilakukan percepatan perbaikan.

Tujuannya adalah menunjang kelancaran pemudik dalam berkendara terlebih menuju Pelabuhan Merak.

"Sudah dari jauh-jauh hari kami melakukan perbaikan sarana dan prasarana di ruas jalan tol. Karena masyarakat yang akan mudik ke Pulau Sumatera akan melintasinya," ungkap Samsul.

Sementara SM of Branc Comunication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, M Holik Muardi, memperkirakan arus mudik Lebaran di Bandara Soekarno-Hatta akan dimulai pada H-7 Idul Fitri, sedangkan puncaknya yakni pada 5-6 April 2024.

Baca juga: Kiat merencanakan perjalanan mudik Lebaran aman dan nyaman

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024