Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten Tri Nurtopo mengatakan masyarakat sangat antusias ingin ikut mudik gratis yang diselenggarakan Pemprov Banten, sementara kuotanya sangat terbatas.

"Keberangkatan pada 6 April 2024 nanti secara serentak. Namun kuotanya sudah penuh alias full booked dan sudah ditutup pendaftarannya," kata Tri Nurtopo di Serang, Kamis.

Ia mengatakan kuota mudik gratis Idul Fitri 2024 yang diselenggarakan Pemprov Banten hanya 990 orang. Sedangkan jumlah kuota keseluruhan mudik gratis dari dan tujuan ke Banten tahun ini 1.710 orang.

"Jadi memang berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya mudik gratis dari Banten ke luar kota. Tahun ini ada mudik dari beberapa luar kota mudik ke Banten," kata Tri.

Baca juga: Puncak arus mudik Lebaran diprediksi Sabtu 6 April

Ia mengatakan sejumlah kota yang disediakan untuk mudik gratis dari luar kota ke Banten antara lain dari Yogyakarta, Bandung, Bogor dan Jakarta.

"Untuk mudik gratis warga Banten dari luar kota tertentu, kuotanya 720 orang. Karena ini tahun pertama kalinya, tentu akan kita evaluasi," kata Tri.

Sedangkan mudik gratis seperti biasa, yang dari Banten ke luar Kota ada 990 orang dengan tujuan daerah ke Solo, Purwokerto, Semarang, Brebes, Garut, Tasikmalaya, dan Palembang.

"Kami menyiapkan 38 bis dan pemberangkatan 6 April 2024 di KP3B Kota Serang," kata Tri.

Ia mengatakan program Angkutan Mudik Gratis pada Lebaran 2024 ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan masyarakat yang ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor.

"Kami buka pendaftarannya secara online dan syaratnya hanya KTP atau KK (Kartu Keluarga) domisili wilayah Banten," kata Tri Nurtopo.

Baca juga: 2,58 juta penumpang bakal padati Bandara Soekarno-Hatta

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024