Penjabat Wali Kota Tangerang Nurdin mengatakan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) bukan hanya sekadar petugas mengibarkan bendera tetapi teladan bagi generasi muda.

"Paskibraka bukan hanya sekadar mengibarkan bendera, tapi juga sebagai agen perubahan dan teladan bagi generasi muda lainnya," kata Pj Wali Kota Nurdin saat menghadiri seleksi calon Paskibraka Kota Tangerang 2024 di Pusat Pemerintah Kota Tangerang, Sabtu.

Perlu diketahui seleksi calon Paskibraka Kota Tangerang 2024 digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dan diikuti oleh 1.140 siswa yang berasal dari SMA/K Negeri maupun swasta di Kota Tangerang.

Pj Wali Kota Nurdin menambahkan kegiatan seleksi merupakan salah satu upaya Pemkot Tangerang untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air di kalangan generasi muda.

Baca juga: 584 peserta ikuti seleksi calon Paskibraka 2024 Kabupaten Serang

Oleh karena itu Pemkot Tangerang terus berkomitmen untuk terus menggelorakan nilai-nilai Pancasila di masyarakat, salah satunya melalui kegiatan Paskibraka.

"Paskibraka bukan hanya bertugas mengibarkan bendera pada saat Hari Kemerdekaan RI, tapi juga sebagai kader bangsa yang harus terus menjaga dan membela bangsa. Terpilih atau tidaknya, kalian semua adalah kader bangsa yang memiliki jiwa dan semangat untuk membangun bangsa," ujarnya.

Ia juga berharap agar dengan kegiatan seleksi ini, dapat menghasilkan kader-kader yang berpotensi dan bermanfaat untuk masyarakat Kota Tangerang maupun bangsa.

Baca juga: Ramadhan, Pemkot Tangerang masifkan pengawasan jam operasional kafe

"Saya harap kegiatan seleksi ini dapat memberikan pengalaman dan kesempatan bagi para peserta untuk menguji kemampuan diri dan menjadi Paskibraka yang terbaik. Nantinya bisa ada perwakilan dari Kota Tangerang yang terpilih menjadi Paskibraka di Istana Negara," kata dia.

Adapun tahapan seleksi ini berdasarkan Peraturan Presiden RI Nomor 51 Tahun 2023 tentang Pembentukan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.

Proses seleksi pada hari ini sudah memasuki tahap keempat dari total enam tahapan dan selanjutnya diikuti oleh 248 orang untuk seleksi kesehatan dan parade.

Baca juga: Dinkes Kota Tangerang bentuk tim pembina bagi 39 puskesmas

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024