Kebijakan insentif Pajak Pertambahan Nilai yang Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) yang diterapkan Pemerintah mendorong peningkatan penjualan properti karena memangkas langsung harga rumah

"Insentif PPN DTP cukup mendorong penjualan properti di tahun ini karena nilanya signifikan sebab memangkas langsung harga rumah," kata Marketing Manager Serpong Jaya, Maulana Farizil di Tangerang Kamis.

Ia mengatakan, saat diberlakukan di bulan November hingga Desember 2023 lalu, sebanyak 13 unit terjual memanfaatkan free PPN. "Jadi mayoritas konsumen beli tunai keras atau KPR dengan DP ekspres satu kali bayar hanya di bulan tersebut,” kata dia.

Baca juga: Bank JTrust target pendapatan dari sektor KPR capai Rp600 miliar

PT Jaya Real Property selaku developer perumahan Serpong Jaya di Jalan Raya Puspitek dengan luas 30 hektar melansir promo fantastis untuk memudahkan masyarakat membeli hunian. 

Serpong Jaya memberi tambahan potongan harga senilai total Rp189 jutaan. Tawaran ini berlaku untuk pembelian produk hunian rumah tapak siap huni di tipe Nora @The Garden serta beberapa tipe lain di cluster The Symphony.

Rumah tipe Nora menjadi produk primadona yang paling banyak diincar konsumen. Rumah didesain dua lantai berisi tiga kamar tidur, dua kamar mandi, satu carport dan service area di bagian belakang. 

“Program ini kami lansir untuk menangkap kebutuhan milenial yang mendambakan hunian yang modern, asri, nyaman, dan berada di lokasi strategis di wilayah Serpong," ujarnya.

Baca juga: Transaksi KPR perumahan di "BCA Expoversary" capai Rp23 triliun

Maulana menjelaskan saat ini adalah waktu yang tepat membeli hunian karena pembeli mendapat double keuntungan,”Jadi seperti mendapat dua diskon, yaitu diskon dari developer dan gratis PPn yang ditanggung pemerintah,” ujarnya.

Misalnya saja di klaster The Garden tipe Nora di price list Rp1,094 miliar. Ada diskon delapan persen sehingga menjadi Rp1 miliar. Kemudian free PPN 50 persen, jadi turun lagi menjadi Rp956 juta. 

"Ditambah gratis biaya AJB dan BPHTB senilai Rp51 jutaan. Total konsumen hemat Rp189 jutaan saat membeli rumah dua lantai dengan tiga kamar yang didirikan di atas lahan seluas 65 meter persegi ini," kata dia.

Baca juga: Alam Sutera luncurkan hunian Klaster Cassia di Ayodhya Tangerang
 

 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024