Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang mencatat total produksi ikan di kota itu mencapai lebih dari 200.000 kilogram dari berbagai jenis budi daya ikan selama 2023.

Kepala DKP Kota Tangerang Muhdorun di Tangerang, Selasa, mengatakan hasil produksi perikanan yang signifikan tersebut merupakan bukti komitmen Pemkot Tangerang dalam memberikan pembinaan di bidang budi daya ikan berbasis swakelola kepada masyarakat secara langsung.

Berdasarkan data, produksi perikanan tahun 2023 meliputi ikan lele sebanyak 142.434 kilogram, ikan nila sebanyak 25.364 kilogram, ikan mas sebanyak 16.687 kilogram, ikan bawal sebanyak 1.602 kilogram, ikan gurame sebanyak 3.611 kilogram, dan ikan patin sebanyak 12.242 kilogram.

"Berdasarkan data yang ada menunjukkan Kota Tangerang berhasil memproduksi hasil perikanan dengan angka yang luar biasa. Ini merupakan bentuk kemajuan sektor urban farming dan urban agriculture yang sedang dikembangkan di Kota Tangerang,” katanya.

Baca juga: DLH Kota Tangerang jadikan pengelolaan sampah program prioritas

Pemkot Tangerang juga melakukan pembinaan lebih lanjut terhadap kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) yang tersebar di Kota Tangerang.

Khusus pada tahun 2023, kata dia, Pemkot Tangerang  telah memberikan pembinaan dan bantuan terhadap 31 pokdakan yang beranggotakan sekitar 369 pembudidaya ikan.

“Kami telah melakukan pembinaan dengan berbagai kegiatan strategis, seperti pemberian bantuan benih ikan, keramba apung, pakan ikan, sampai penyuluhan untuk upgrading tiap pembudidaya ikan di pokdakan masing-masing,” tambahnya.

Selain itu Pemkot Tangerang terus berkomitmen mendorong peningkatan hasil produksi di sektor perikanan. "Potensi sektor perikanan selama ini berperan penting terhadap ketahanan pangan dan perekonomian di Kota Tangerang," pungkas Muhdorun.

Baca juga: Dinkes Kota Tangerang sosialisasikan pos kesehatan pesantren

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024