Polresta Serang Kota memetakan ada 74 tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah hukum Polresta Serang Kota yang masuk kategori rawan terjadinya konflik.

Kapolresta Serang Kota, Kombes Pol Sofwan Hermanto, di Serang, Banten, Senin, mengatakan bahwa telah melakukan pemetaan TPS rawan yang dikelompokkan menjadi tiga kategori diantaranya yakni rawan banjir, konflik, dan blankspot.

"Dari ketiga kerawanan tersebut enam TPS rawan banjir, 74 TPS rawan konflik karena berdekatan dengan posko kemenangan caleg dan ada sebagian TPS yang blankspot," katanya.

Baca juga: Pemkab Serang pasang alat penguat sinyal di 63 TPS blank spot

Meski begitu, kepolisian tidak bisa menjelaskan wilayah mana saja yang masuk kategori sangat rawan dan rawan konflik di wilayah hukum Polresta Serang Kota.

Pihaknya juga memastikan beberapa upaya dalam mengantisipasi risiko terjadinya gangguan keamanan tersebut dan telah melakukan antisipasi bersama dengan Pemerintah Daerah serta KPU dan Bawaslu.

"Untuk itu kita siapkan beberapa pola pengamanan dengan menyesuaikan jumlah kekuatan personel kita," katanya.

Baca juga: Pemilu 2024, Tim Dokkes Polri disiagakan 24 jam

Pihaknya juga mengaku bersinergi dengan TNI untuk menurunkan semua personel yang jaga di Mako Polsek dan Polres akan dijaga oleh TNI dan akan menerjunkan personel untuk melakukan penebalan di lokasi rawan.

"Contoh ada TPS yang mulanya kita anggap tidak rawan menjadi rawan ini tentunya dilakukan penebalan personel dua petugas  berkewajiban untuk memantau 14 TPS, ini nanti bisa juga ditambahkan empat personel dan setiap pergerakan personil satu dengan yang lain tidak boleh berpisah karena kita tetap mengantisipasi dengan saling melindungi," katanya.

Pihaknya mengatakan total ada 558 personel polri yang berjaga di 2.979 TPS di wilayah hukum Polresta Serkot. Kepolisian bekerja sama dengan TNI, Basarnas, pemerintah daerah, Bawaslu hingga KPU.

Baca juga: TPS di London gunakan kotak suara pemilu buatan Tangerang

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024