Pemerintah Kota Serang bekerja sama dengan USAID ERAT menyelaraskan meta data statistik atau satu data ke dalam satu portal yakni sistem informasi Kota Serang dalam angka (Sikondang) sehingga data yang ada selalu faktual.
 
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Serang, Arif Rahman, di Serang, Banten, Selasa, menyampaikan penyelarasan meta data ini digelar dalam kegiatan lokakarya penyusunan meta data atau satu data kota serang.
 
“Nantinya data yang dihasilkan dari masing-masing OPD akan di input di sistem Sistem Informasi Kota Serang yakni aplikasi Sikondang oleh Diskominfo sebagai wali data," katanya.

Baca juga: Bupati Serang apresiasi dua warga hibahkan tanah untuk fasum
 
Sehingga layanan satu data ini akan mempermudah publik untuk memperoleh data yang ada di Kota Serang dan menghasilkan data yang bisa dipertanggungjawabkan.
 
"Penyelarasan data sangat berpengaruh dan sangat bergantungan dengan data lain, sehingga penyelarasan data sudah sangat penting dilakukan untuk menghasilkan data yang dapat dipertanggungjawabkan," katanya.
 
Sementara itu, Perwakilan koordinator USAID ERAT Provinsi Banten, Kurniawan Wahid, menyampaikan Kota Serang saat ini termasuk salah satu daerah yang unggul dalam beberapa hal yang berkaitan dengan satu data di Indonesia.
 
“Ini menjadi suatu apresiasi yang cukup baik di Kota Serang, karena saat ini ditingkat provinsi, Kota Serang sedang menjadi role model untuk daerah lainnya terkait satu data ini," ujarnya.
 
Pihaknya juga berharap Kota Serang ke depan dapat kembali menjadi role model untuk daerah-daerah lain di dalam kegiatan atau program lainnya.

Baca juga: Bantuan Keuangan Pemprov Banten untuk Kota Serang pada 2024 turun

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024