Bantuan Keuangan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten untuk Kota Serang pada 2024 turun yakni sebesar Rp16 miliar dibandingkan 2023 yang sebesar Rp25 miliar.
 
Pj Wali Kota Serang Yedi Rahmat di Serang, Banten, Selasa, mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan kepada Pemprov Banten agar bantuan itu ditambah.
 
"Bantuan keuangan untuk kota serang pada tahun 2024 ini diketahui menurun dari yang tadinya Rp25 miliar menjadi Rp16 miliar," katanya.
 
Ia mengatakan beberapa program pembangunan membutuhkan dana bantuan itu termasuk pembangunan jalan.
 
"Salah satunya pembangunan ruas jalan yang juga sempat diusulkan bantuan pendanaan langsung kepada Kementerian PUPR RI," katanya.

Baca juga: Kota Serang gencarkan berbagai upaya tekan angka kematian bayi dan ibu
 
Ia mengatakan ada sekitar 12 ruas jalan yang diusulkan yang totalnya membutuhkan dana sekitar Rp191 miliar.
 
"Jika kita mengandalkan bantuan anggaran dari Pemerintah Provinsi masih kurang, sehingga kita juga usulkan ke pemerintah pusat," katanya.
 
Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Serang Ina Linawati mengatakan Bantuan Keuangan dari Pemprov Banten pada tahun 2024 masih kurang untuk Pemerintah Kota Serang yang mengemban status sebagai Ibu Kota Provinsi Banten.
 
"Kami masih menunggu surat resmi untuk Kota Serang terkait penyaluran Bantuan Keuangan tersebut secara resmi," katanya.
 
Ina berharap Bantuan Keuangan Provinsi ini dapat lebih besar dari yang diharapkan karena Kota Serang sebagai etalase dan wajah ibu kota Provinsi Banten.
 
“Kemampuan keuangan Kota Serang masih bergantung sekali dengan dana bantuan transfer baik itu dari pusat maupun dari provinsi," katanya.

Baca juga: BPBD mulai waspadai daerah rawan banjir dan longsor di Kota Serang

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024