Pandeglang (Antara News) - Bupati Pandeglang, Provinsi Banten, Irna Narulita meminta pembentukan perpustakaan di setiap desa/kelurahan segera direalisasikan.

"Saya minta kelurahan/desa berkoordinasi dengan instansi terkait segera merealisasikan perpustakaan desa/kelurahan," katanya di Pandeglang, Sabtu.

Keberadaan perpustakaan desa/kelurahan, kata dia, selain membantu masyarakat menyediakan referensi untuk kegiatan usaha, juga memfasilitasi para pelajar menapatkan buku penukung pendidikan.

"Sekarang memang sudah ada perpustakaan daerah, tapi akan lebih bagus lagi kalau pada setiap desa/kelurahan juga ada perpustakaan," ujarnya.

Selama ini, pembentukan pepustakaan di desa/kelurahan terus dilakukan. Dari 339 desa/kelurahan sudah 50 persen memiliki sarana membaca tersebut.

"Saya harapkan semua desa/kelurahan memiliki perpustakaan, karena fungsinya sangat penting," ujarnya.

Bupati menyatakan, jika ingin meningkatkan kualitas generasi muda maka harus diperbanyak sarana membaca, di antaranya perpustakaan.

"Kita dan generasi mudah akan pintar dan memiliki wawasan jika rajin membaca. Tidak semua warga memiliki dana untuk membeli buku karena itu harus difasilitasi melalui perpustakaan," ujarnya.

Irna juga mengimbua masyarakat untuk rajin membaca dan membiasakan diri datang ke perpustakaan. Banyak buku yang bisa dijadikan referensi untuk berbagai kegiatan, ternmasuk wirausaha.

"Banyak buku yang berkaitan dengan wirausaha, seperti cara budi daya ikan, jamur tiram sampai industri kecil," ujarnya.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017