Kabupaten Tangerang (Antara News) - Alfamart menyelenggarakan pelatihan kreasi membuat bantal "cantik" dari limbah pabrik yang diikuti puluhan ibu rumah tangga warga Kampung Cilaban, Desa Bojong Loa, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang.

Pelatihan bertujuan tidak hanya mengajak ibu-ibu peduli terhadap lingkungan dengan mengurangi sampah di rumah, tetapi juga membekali mereka dengan keterampilan untuk mendaurulang sampah menjadi barang yang bernilai ekonomis.

“Kita bisa membuat beragam bantal dari limbah pabrik, keterampilan ini bisa dipelajari dan bisa menjadikan ibu-ibu mandiri, sebab barangnya layak jual atau memiliki nilai ekonomi," kata Kory selaku fasilitator dari
Bank Sampah Taman Kirana, dalam kegiatan tersebut, Sabtu (22/7).

Bahan yang diperlukan antara lain limbah kain wol, benang, jarum dan lainnnya, dengan didampingi beberapa orang fasilitator, peserta yang kebanyakan merupakan ibu rumah tangga itu sangat bersemangat mengikuti
instruksi.

Branch Manager Alfamart Balaraja Yosef Risdianto mengatakan, pelatihan kewirausahaan semacam ini akan berlangsung rutin dua bulan sekali di setiap cabang yang memiliki toko Alfamart.

“Tujuannya, tak lain untuk memberdayakan warga agar menjadi mandiri secara finansial. Kegiatan ini selaras dengan pilar CSR Alfamart dibidang usaha kecil dan menengah,” katanya.

Dia menjelaskan, perusahaan tidak hanya peduli terhadap UKM yang sudah jadi atau sudah memiliki omzet, tapi juga peduli terhadap warga yang berniat menjadi UKM pemula.

Kepedulian terhadap UKM yang sudah dilakukan perusahaan selama ini antara lain dengan melibatkan mereka bergabung membuka usaha di halaman toko hingga melibatkan mereka untuk menyuplai barang dagangan
di toko.

"Kami juga secara berkala memberi pelatihan manajemen ritel modern terhadap para pedagang kelontong di sekitar toko yang tergabung dalam member Kartu Ponta. Khusus member dari kalangan pedagang ini, mereka
mendapatkan harga khusus ketika berbelanja di Alfamart. Kalau mau beli, tinggal order dan bisa langsung kirim tanpa dikenakan biaya tambahan," ujarnya.

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017