Aktivitas flaring akibat kegagalan alat penunjang di pabrik petrokimia milik PT Chandra Asri Pacific Tbk Cilegon, Sabtu (20/1) berdampak pada masyarakat dan berdasarkan data yang dikeluarkan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat korban terdampak kasus tersebut mencapai 558 orang.

Korban-korban yang terdampak terdiri dari orang dewasa hingga anak-anak yang berada di empat kecamatan, di antaranya Ciwandan, Pulomerak, Grogol, dan Citangkil. Perinciannya untuk orang dewasa yang menjadi korban mencapai 450 orang, sementara anak-anak sebanyak 108.

Dinas Kesehatan Kota Cilegon dengan sigap menyediakan layanan kesehatan bagi warga yang terdampak di Puskesmas dan Puskemas Pembantu (Pustu) Gunung Sugih.

“Sampai dengan saat ini Dinkes Kota Cilegon sudah menangani sebanyak 558 warga yang terdampak, kini mereka pun kondisinya sudah kembali pulih dan diperbolehkan pulang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon, Ratih Purnamasari.

Baca juga: Warga Cilegon keluhkan bau menyengat, Chandra Asri minta maaf

Masyarakat Kota Cilegon bisa memanfaatkan layanan kesehatan secara gratis di Kota Cilegon di Faskes Puskesmas di Cilegon yang meliputi Puskesmas Ciwandan, Citangkil 1, Citangkil.2 Cilegon, Jombang, Purwakarta, Grogol. Faskes Puskesmas di Anyer meliputi Puskesmas Anyer dan Faskes Rumah Sakit meliputi RSUD Kota Cilegon, RSKM, RS Hermina, RS Kurnia.

Head of Corporate Communications Chandra Asri Group, Chrysanti Tarigan mengungkapkan, Chandra Asri Group mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dan kesigapan layanan kesehatan dari Dinkes Kota Cilegon melalui seluruh Puskesmas, Puskesmas Pembantu (Pustu) dan terutama kepada tenaga kesehatan yang melakukan penanganan dengan baik. 

“Sejak terjadinya aktivitas flaring yang mengganggu kenyamanan masyarakat, Dinas Kesehatan Cilegon  bersama Chandra Asri Group langsung bergerak cepat untuk membuka layanan kesehatan kepada warga yang terdampak. Perusahaan pun berkomitmen menggratiskan biaya pengobatannya, kesehatan masyarakat sekitar menjadi prioritas kami,” ujar Chrysanti Tarigan.

Baca juga: KNPI Cilegon dorong industri terapkan sistem manajemen pengamanan obvitnas

Sementara itu, Camat Ciwandan, Agus Ariyadi berharap, peristiwa ini kedepannya tidak terulang kembali. Ia pun meminta agar warga masyarakat bijak menanggapi peristiwa ini. 

"Kami berharap warga bisa terus menjadi orang yang bijak dalam rangka menanggapi dan menghadapi peristiwa kebauan ini di tengah masyarakat. Jangan mudah terprovokasi, jangan mudah terbawa emosi mari sama-sama kita jaga semuanya," kata Agus.

Camat Ciwandan juga mengapresiasi itikad baik Chandra Asri.

"Chandra Asri sudah beritikad baik, bagi masyarakat yang terdampak berkaitan dengan kesehatan, biaya kesehatan juga Chandra Asri komitmen terhadap itu untuk membantu masyarakat terdampak," katanya.

Ia pun meminta perhatian-perhatian Chandra Asri kepada masyarakat terdampak khususnya wilayah Gunung Sugih dan wilayah yang berdekatan sekali dengan Chandra Asri bisa lebih ditingkatkan lagi, dalam rangka menjaga bertetangga secara baik.

Baca juga: Chandra Asri salurkan bantuan paket sembako dan layanan kesehatan gratis

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024