Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang, Banten dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung sepakat menjalin kerja sama terkait dengan pengembangan Tangerang Satu Peta.

Kepala Diskominfo Kota Tangerang Indri Astuti di Tangerang, Selasa, mengatakan nantinya mahasiswa terbaik UPI melakukan pemagangan untuk pengembangan optimalisasi Tangerang Satu Peta seperti penyempurnaan dari seluruh simpul jaringan OPD dan BUMD di Kota Tangerang.

“Alhamdulillah, FPIPS (Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial) UPI merespons positif bahkan antusias dengan kerja sama ini. Maka saat ini Diskominfo Kota Tangerang mempercepat draf kerja samanya untuk segera melakukan MoU (Memorandum of Understanding) dan perjanjian kerja sama (PKS), sehingga UPI bisa segera mengirim mahasiswa terbaiknya, pada tahap awal sekitar 21 mahasiswa akan dikirim,” katanya dalam keterangan.

Baca juga: Pj Wali Kota sebut Pelajar Tangerang mengaji jadi benteng jaga akhlak

Ia mengatakan kerja sama ini pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk meningkatkan kolaborasi guna mencapai visi Kota Tangerang sebagai kota yang berdaya saing.

“Ke depan, para mahasiswa Program MBKM dari FPIPS UPI akan melakukan magang di Diskominfo Kota Tangerang, paling lama dua semester untuk membantu percepatan optimalisasi Tangerang Satu Peta, termasuk membantu pengembangan data spasial yang ada di simpul jaringan OPD,” kata dia.

Dirinya juga berharap, seluruh OPD dan BUMD nantinya dapat lebih semangat untuk menginventarisasi data yang ada, baik spasial maupun sektoral.

“Terlebih, semua ini sangat membantu percepatan memaksimalkan Tangerang Satu Peta, yang dapat digunakan pimpinan untuk mengambil keputusan kebijakan dan pelayanan bagi masyarakat Kota Tangerang,” katanya.

Baca juga: 300 pemulung di TPA Rawa Kucing Kota Tangerang dilatih keselamatan

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024