Kantor Imigrasi Kelas 1 Non-TPI Serang membuka program Layanan Paspor Simpatik 2024 untuk menyambut Hari Bakti Imigrasi ke-74 tahun 2024. 
 
"Paspor Simpatik ini digelar dalam rangka menyambut hari bakti imigrasi pada 26 Januari mendatang," kata Kasubsi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Serang Anton Prasetyo, di Serang, Banten, Senin. 
 
Ia mengatakan, layanan paspor simpatik ini digelar setiap hari Sabtu yang telah diselenggarakan sejak tanggal 6 Januari lalu. 
 
"Diselenggarakan di hari Sabtu saja di tanggal 6,13 dan 20 Januari 2024,” katanya. 

Baca juga: 36 ribu pemohon paspor di Imigrasi Serang didominasi untuk umrah
 
Pada layanan paspor simpatik ini, Anton menjelaskan bahwa membuka 20 pemohon pertama untuk melakukan pembuatan paspor secara walk-in atau datang langsung tanpa melakukan reservasi terlebih dahulu. 
 
“Jadi kita siapkan kuota untuk 20 orang pertama yang datang. Mereka bisa langsung datang tanpa mendaftar online,” katanya. 
 
Layanan paspora simpatik ini dilakukan dengan tujuan agar memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengajukan permohonan paspor baru maupun penggantian paspor di akhir pekan. 
 
"Agar mempermudah pemohon yang tidak sempet membuat paspor di hari kerja, sejauh ini juga antusias masyarakat cukup baik dengan adanya program ini," katanya. 

Baca juga: Tingkatkan pelayanan, Imigrasi tambah 78 "autogate" di Bandara Soetta
 
Anton mengatakan, untuk layanan paspor simpatik ini banyak dikhususkan untuk pembuatan paspor baru dan perpanjangan saja, tidak bisa digunakan untuk mengurus kehilangan paspor. 
 
"Perbedaannya Paspor Simpatik ini hanya untuk membuat paspor baru dan perpanjangan. kehilangan dan lain-lain itu gak bisa,” katanya. 
 
Anton mengatakan tidak menutup kemungkinan layanan paspor simpatik ini juga akan kembali digelar pada perayaan hari-hari besar lainnya. 
 
"Di setiap ada hari-hari besar kita sering adakan juga misalnya pas 17 Agustus dan itu tergantung arahan dari pusat," pungkas dia.

Baca juga: Imigrasi Soekarno Hatta proses hukum WNA pelanggar keimigrasian

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024