Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tangerang, Banten mencatat penduduk berusia 15 tahun ke atas yang sudah melek huruf di daerah itu mencapai 98,74 persen.

"Hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2023 menunjukkan bahwa penduduk berusia 15 tahun ke atas yang sudah melek huruf di daerah ini mencapai 98,74 persen," kata Kepala BPS Kota Tangerang Muladi Widastomo dalam keterangannya di Tangerang, Jumat.

Ia menuturkan data tersebut menunjukkan efektivitas berbagai terobosan yang selama ini didorong Pemerintah Kota Tangerang dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Baca juga: Kota Tangerang ditargetkan jadi penyuplai cabai nasional

BPS Kota Tangerang juga mencatat terdapat 58,96 persen penduduk berusia 15 tahun ke atas di Kota Tangerang yang telah memiliki ijazah sekolah menengah atas (SMA)/sederajat ke atas.

“Secara umum, kebijakan sektor pendidikan di Kota Tangerang telah berjalan sangat baik. Berdasarkan data hasil survei terbaru yang dirilis akhir tahun kemarin, penduduk berusia 15 tahun ke atas 98,74 persen sudah melek huruf dan 58,96 persennya merupakan lulusan SLTA dan atau lebih tinggi,” katanya.

Tidak hanya itu, BPS Kota Tangerang juga mencatat angka partisipasi sekolah (APS) di Kota Tangerang tergolong sangat tinggi. Berdasarkan data terdapat 99,34 pada kategori usia 7-12 tahun, 99,45 persen pada usia 13-15 tahun, 74,85 persen pada usia 16-18 tahun, dan 32,46 persen pada usia 19-23 tahun.

Baca juga: Tiga Pilar di Tangerang perkuat koordinasi jaga situasi kamtibmas

Kepala Dinas Pendidikan Jamaluddin mengatakan keberhasilan ini tidak bisa dilepaskan dari berbagai program di sektor pendidikan yang selama ini telah berjalan efektif seperti program Beasiswa Tangerang Cerdas dan sekolah swasta gratis di 146 sekolah di Kota Tangerang.

“Telah banyak program di sektor pendidikan yang selama ini dinilai efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Tangerang, salah satunya yakni program sekolah swasta gratis yang telah direalisasikan di 146 sekolah secara optimal,” katanya.

Baca juga: Tiga Pilar di Tangerang perkuat koordinasi jaga situasi kamtibmas

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024