Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Banten, mulai melakukan uji coba kualitas dan kelayakan jalan layang atau flyover Cisauk menyusul selesainya pembangunan jalan tersebut.

Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono di Tangerang, Jumat, mengatakan bahwa flyover tersebut segera digunakan secara umum setelah di uji coba secara terbatas.

"Saya melihat flyover Cisauk secara langsung pengujian jembatan yang telah selesai dibangun dan penggunaan yang masih terbatas," katanya.

Ia menyebutkan, proyek pembangunan flyover Cisauk itu dibiayai dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Tangerang sebesar Rp200 miliar dan masa pelaksanaan 395 hari kerja.

Flyover tersebut  memiliki panjang 1,09 kilometer (km) di mana panjang jembatan 525 meter, dengan dua lajur masing-masing memiliki lebar 5,5 meter.

"Semoga dalam waktu yang tidak lama lagi flyover ini bisa diresmikan karena sangat bermanfaat bagi masyarakat, bisa mengurai kemacetan yang cukup signifikan. Saat ini kami uji coba dulu kelaikannya," kata dia.

Baca juga: Penanganan kasus Pasar Kutabumi jadi atensi khusus Kajari Tangerang

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga SDA Iwan Firmansyah menambahkan pembangunan flyover Cisauk sudah selesai.

"Sejak tanggal 24 Desember 2023 sampai sekarang, kami sudah melakukan uji coba penggunaan. Alhamdulillah kemacetan bisa diurai, masyarakat sudah merasakan manfaat pembangunan flyover Cisauk ini," ujarnya.

Dia menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang telah bersabar terkena dampak  proses pembangunan flyover yang bisa dirampungkan tepat waktu dan berjalan lancar.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada pimpinan, Pak Bupati, Pak Sekda, unsur legislatif dan masyarakat yang telah mendukung pembangunan ini, baik dari proses pengadaan tanah, sampai pembangunan. Semoga flyover ini bisa segera dioperasionalkan secara penuh dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," pungkas dia.

Baca juga: Laka lantas di Kabupaten Tangerang selama 2023 capai 439 kejadian

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023