Kepolisian Resor Kota (Polresta) Tangerang, Polda Banten menggelar apel Operasi Lilin Maung 2023 dalam rangka pengamanan perayaan hari raya Natal dan tahun baru 2024 di Lapangan Raden Arya Yudha Negara, Puspemkab Tangerang, Kamis.

Apel yang dipimpin Kapolresta Tangerang Kombes Pol Sigit Dany Setiyono juga dihadiri unsur Forum Komunikasi Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tangerang.

"Polresta Tangerang bersama unsur Muspida bersama stakeholders terkait melaksanakan apel gelar pasukan pengamanan Natal dan tahun baru 2024 agar dapat berjalan kondusif," ucap Sigit usai melaksanakan apel Operasi Lilin Maung.

Baca juga: Unit Jibom disiagakan selama perayaan Natal-tahun baru di Tangerang

Ia menyebutkan, kegiatan apel kali ini dimaksudkan melihat kesiapan seluruh sektor dan pemangku kepentingan dalam mengantisipasi gangguan dan masalah saat Natal dan tahun baru agar masyarakat merasa nyaman dan aman.

"Dalam persiapan pengamanan ini kita hadirkan sebanyak 500 orang personel gabungan, dengan seluruh sarana prasarana yang nantinya bakal digunakan. Seperti kendaraan alutsista, dan juga peralatan serta prasarana yang nantinya digunakan pada operasi itu," katanya.

Ia juga mengungkapkan, operasi Kepolisian Lilin Maung 2023 ini, resmi dimulai sejak 22-25 Desember 2023 hingga perayaan libur akhir tahun pada 31 Desember sampai 2 Januari 2024.

Baca juga: Ratusan personel gabungan amankan Natal-tahun baru di Tangerang

Pelaksanaan operasi kepolisian nantinya akan terpusat di enam posko pelayanan terpadu, seperti di pusat wilayah keramaian seperti di Citra Raya, Adiasa Cisoka, PWS Tigaraksa dan tempat ibadah umat Nasrani di Pasar Kemis.

Kemudian, untuk dua pos pelayanan (Posyan) disiapkan di KM 43 dan 45, yang disiapkan sebagai pos pelayanan jalur mudik libur Natal dan tahun baru.

"Kami juga sudah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas di titik-titik yang sudah kita antisipasi, baik itu di jalur arteri, juga di jalur tol, yang pelaksanaannya akan mengikuti kondisi di lapangan," ungkapnya.

Kapolres pun mengharapkan di Operasi Lilin Maung ini, pengamanan perayaan Natal dan tahun baru serta arus mudik dan arus balik dapat berjalan dengan aman, lancar.

"Kami akan menunjukkan dan meyakinkan masyarakat bahwa kegiatan akhir tahun ini dipastikan  aman dan nyaman," kata dia.

Baca juga: Sambut liburan, pengemudi angkutan umum di Bandara Soetta jalani tes urine

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023