Warga Lebak diimbau oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mewaspadai potensi erupsi Gunung Salak yang berlokasi di Kabupaten Bogor.
 
"Kita berharap erupsi Gunung Salak tidak menimbulkan bencana alam," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Lebak Agust Riza Faesal di Lebak, Rabu.
 
Peringatan kewaspadaan itu untuk mengurangi risiko kebencanaan, karena wilayah Kabupaten Lebak juga masuk hamparan kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

Baca juga: PVMBG catat peningkatan gempa tektonik lokal di Gunung Salak
 
Oleh karena itu, masyarakat Kabupaten Lebak khususnya di wilayah Kecamatan Lebak Gedong, Cipanas dan Muncang harus tetap waspada terkait potensi erupsi Gunung Salak.
 
"Kita minta masyarakat tetap waspada, meski lokasinya jauh dengan Gunung Salak," katanya menjelaskan.
 
Menurut dia, BPBD Lebak saat kini juga tengah mempersiapkan diri menghadapi perayaan Natal 2023 dan tahun baru 2024 karena khawatir curah hujan meningkat.
 
Apabila, curah hujan meningkat dipastikan berpotensi menyebabkan bencana alam seperti banjir, longsor dan angin kencang.
 
"Dengan demikian, peralatan evakuasi harus berfungsi dengan baik dan bisa dioperasikan untuk penanganan kebencanaan," katanya.

Baca juga: Pascaerupsi Marapi, BKSD tutup aktivitas pendakian ke empat gunung
 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023