Jelang tutup Tahun Anggaran 2023, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Banten melakukan evaluasi kegiatan yang telah dilakukan sepanjang satu tahun terakhir di Tangerang, 19-21 Desember 2023.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten, Dodot Adikoeswanto mengatakan evaluasi kinerja penting dilakukan upaya dalam mengevaluasi pencapaian kinerja agar selaras dengan sasaran dan tujuan organisasi, dapat merencanakan langkah strategis ke depan yang lebih efektif dan efisien serta mampu menyesuaikan terhadap perubahan lingkungan eksternal.

“Coba kita evaluasi dari perjalanan panjang selama satu tahun kita melakukan kegiatan, program. Kemudian mengevaluasi apa hal-hal yang perlu kita tindaklanjuti, apa hal-hal yang kurang dan apa yang perlu disempurnakan,” kata Dodot Adikoeswanto saat membuka Rapat Koordinasi Kantor Wilayah, Refleksi Akhir Tahun 2023 dan Resolusi Tahun 2024, Rabu.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Banten sabet predikat WBK

Tak hanya itu, Dodot Adikoeswanto menyatakan, sejumlah target kinerja lain pun menunggu untuk dituntaskan pada 2024 mendatang.

“Berdasarkan hasil kegiatan Rapat Koordinasi Kementerian terdapat sebanyak 52 Rencana Aksi Kinerja yang akan menjadi acuan dalam pelaksanaan kinerja di lingkungan Kantor Wilayah Banten”, tambah Dodot dalam keterangan resminya.

Langkah strategis itu, kata Dodot Adikoeswanto, dapat dilakukan melalui pembinaan, pengawasan, dan pengendalian secara rutin dan berkala atas pelaksanaan kinerja dan pengelolaan anggaran dengan berorientasi hasil, dan berdampak.

“Oleh karena itu, sebagai wujud Resolusi Tahun 2024, maka diperlukan langkah-langkah strategis dan sinergitas dalam pelaksanaan kinerja di lingkungan Kantor Wilayah Banten”, imbuhnya.

Baca juga: Delapan Kabupaten/Kota di Banten dapat penghargaan peduli HAM

Selain itu, Ketua Penyelenggara Kegiatan yang juga Kepala Divisi Administrasi, Nur Azizah Rahmanawati dalam laporannya mengatakan salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kualitas kinerja dan meningkatkan profesionalitas SDM.

“Hal lainnya adalah melakukan untuk melakukan evaluasi dan pengawasan atas capaian kinerja dan pelaksanaan tugas dan fungsi di Satuan Kerja sekaligus penetapan Program Kerja tahun 2024,” tambah Azizah.

Adapun tema dalam kegiatan rakor  ”Perkuat Sinergi yang Pasti dan Berakhlak untuk Kinerja Kanwil Kemenkumham Banten yang Semakin Berprestasi Pasti Jawara dan Berdampak”. Tema tersebut menggambarkan Kemenkumham Banten sebagai organisasi yang mampu merubah dan menggerakkan birokrasi menjadi lebih cepat dan lincah serta berdampak dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Melalui peran ini, mari kita lakukan perbaikan-perbaikan secara masif agar kinerja yang kita laksanakan tidak hanya sekedar menghasilkan output tapi dapat mencapai outcome dan impact yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” imbuhnya.

Baca juga: Lakukan pelanggaran, Imigrasi Tangerang amankan 27 WN Sri Lanka
Baca juga: ASN Kemenkumham Banten deklarasi netralitas dalam Pemilu 2024

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023