Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan penyusunan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045 harus dilakukan dengan cara bersinergi antara pemerintah dan masyarakat.

"Tujuannya adalah menyinergikan arah pembangunan Kota Tangerang selama dua dekade ke depan," kata dia di Tangerang, Banten, Jumat.

Ia meminta kepada jajaran organisasi perangkat daerah untuk menjalankan RPJPD secara fokus agar segala kebutuhan masyarakat dapat terakomodir dengan baik dan berperan serta memberikan sumbangsih pemikiran, ide, gagasan sesuai urusan.

“Saya berharap pada semua, kepala perangkat daerah harus betul-betul mengawal dan menyusun juga masukan-masukannya,” katanya.

Terkait dengan capaian pembangunan selama lima tahun terakhir, kata dia, perlu ada penguatan di berbagai bidang pembangunan agar sesuai dengan harapan masyarakat.

“Hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai saat ini merupakan fondasi awal yang dapat dijadikan acuan dasar. Apa yang sudah dilakukan selama 10 tahun ini perlu ada penguatan-penguatan, baik bidang kesehatan, pendidikan, bidang infrastruktur, atau urusan lainnya sehingga pemerintahan bisa berjalan sesuai dengan harapan masyarakat,” ujarnya.

Baca juga: Wali Kota Arief luncurkan autobiografi "menata dengan jiwa, melayani dengan hati

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin mengatakan rancangan RPJPD harus berdasarkan permasalahan dan isu strategis di masyarakat setempat.

“RPJPD ini sebagai bagian dari perencanaan pembangunan jangka panjang daerah dengan masa periode 20 tahun, yang akan digunakan sebagai pedoman dalam pembangunan,” ujar dia.

Ia menjelaskan penyelesaian permasalahan perkotaan, seperti kemacetan, pengelolaan sampah, dan penanganan banjir juga menjadi fokus dalam perencanaan jangka panjang.

“Potensi tersebut mencakup sumber air baku yang cukup, jumlah penduduk yang besar dengan dominasi kelompok usia produktif, dan infrastruktur perkotaan yang mendukung,” katanya.

Dia mengharapkan arah kebijakan dan sasaran pokok RPJPD dapat menjadi inspirasi bagi para calon kepala daerah untuk menyusun visi dan misi terkait dengan pemilihan kepala daerah.

“Insyaallah RPJPD ini nantinya akan menjadi pedoman untuk pemimpin atau wali kota selanjutnya dalam menjalankan pembangunan di Kota Tangerang,” katanya.

Baca juga: Wali Kota Tangerang harap kontribusi ANTARA bisa terus berkelanjutan
Baca juga: Pemkot Tangerang raih penghargaan dari Kemendagri terkait inovasi daerah

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023