Tim Resque Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Cilegon, Senin melakukan evakuasi terhadap seorang wanita paruh baya yang tercebur ke dalam sumur tua sedalam 15 meter.

Peristiwa nahas itu dialami Jarawiyah, warga lingkungan Kubang Menyawak, Kelurahan Warnasari, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, Banten dan proses evakuasi sendiri berlangsung dramatis, lantaran seorang petugas harus berhati-hati mengevakuasi korban yang telah berusia 58 tahun tersebut.

Staf Penyelamatan DPKP Kota Cilegon, Yudha Adriana menjelaskan kejadian tersebut akibat korban tidak sengaja terperosok ke sumur tua, saat akan membuang sampah di sekitar lokasi. 

"Kalau berdasarkan keterangan korban terpeleset saat akan membuang sampah, dia kemudian mencari tali di sekitar lokasi dan tak sadar terpeleset masuk ke dalam sumur," jelasnya.

Baca juga: KPU Cilegon ajak jurnalis lawan berita hoax untuk dukung pemilu berkualitas

Proses evakuasi terhadap korban dilakukan selama kurang lebih satu jam. Korban berhasil dievakuasi dari dalam sumur setelah tim resque yang melakukan penyelamatan dibantu warga sekitar untuk mengangkat korban.

"Korban Alhamdulillah berhasil kami evakuasi setelah satu jam proses penyelamatan. Kami turunkan petugas dibantu warga dengan menggunakan tali pengait. Karena sumur ini dalam sekitar 15 meter, kami tim resque harus berhati-hati untuk bisa mengangkat korban dari dalam sumur," kata Yudha.

Meski berhasil diselamatkan. Petugas langsung membawanya ke RSUD Kota Cilegon, lantaran korban yang mengalami trauma juga mengalami luka di bagian kaki dan lengan tangan.

Sementara itu untuk mencegah kejadian serupa berulang, pihaknya mengimbau agar masyarakat di wilayah Kota Cilegon memperhatikan keberadaan sumur tua di masing-masing wilayahnya agar dilakukan pengurukan dan penutupan, jika keberadaan sumur tua sudah tidak lagi digunakan.

Baca juga: Tim SAR gabungan temukan korban tenggelam di Sungai Cimanceri

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023