Ribuan kader kesehatan melaksanakan kegiatan Senam Sapa Sehat yang merupakan program rutin Dinkes Kota Tangerang setiap hari Jumat yang dilaksanakan di 104 kelurahan melalui 39 Puskesmas.

"Di momentum kegiatan Sapa Sehat, para kader menyampaikan apresiasi kepada Wali Kota Arief dan Wakil Wali Kota Sachrudin selama memimpin Kota Tangerang 10 tahun," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Dini Anggraeni di Stadion Benteng Reborn, Jumat.

Khusus saat ini, senam Sapa Sehat dipusatkan di Stadion Benteng Reborn dan dihadiri ribuan kader. Ada kegiatannya adalah jalan sehat mengelilingi Stadion Benteng Reborn, senam bersama, pemeriksaan kesehatan, makan buah bersama dan hiburan musik serta puluhan doorprize dengan hadiah utama satu paket umroh gratis.

"Kali ini di konsep dengan cukup menarik, disatukan di Stadion Benteng Reborn, guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat yakni melalui senam Maumere dan Senam Cerdik,” katanya.

Baca juga: Integritas disebut penting untuk perangi praktik korupsi

Ia mengatakan pelayanan kesehatan yang ada di Kota Tangerang diantaranya 39 puskesmas, satu RSUD Kota Tangerang, satu Labkesda, 25 RS umum dan swasta, 1.092 posyandu, enam RS khusus, dan 22 ambulans gratis.

Selain itu, di Kota Tangerang juga tersedia Bantuan Pembayaran Biaya Iuran (PBI) BPJS Kesehatan yang kini telah dimanfaatkan 367.476 warga, Cageur Jasa yang telah melayani 441.920 keluarga, skrining Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular (FR PTM), pemeriksaan iva test, dan eliminasi TBC.

Lalu tersedianya Kader Sedari Dini Kawal Ibu Hamil dan Bayi (Kader Srikandi), Pendampingan Perawatan Risiko Tinggi Lansia (Peri Lansia), dan Tatalaksana Gizi Buruk Agar Segera Pulih (Laksa Gurih).

Secara prestasi, Kota Tangerang memiliki indeks kesehatan terbaik di Provinsi Banten dan Indonesia, layanan UHC dengan angka 99,8 persen.

Secara penghargaan, Kota Tangerang terakhir meraih penghargaan Kota Sehat tingkat Wistara, STBM Award oleh Kemenkes dan Kemendagri, serta stunting yang terus turun signifikan di angka 6,7 persen.

Baca juga: Perumda Tirta Banteng-PUPR latih petugas operasikan SCADA IPA Sitanala
Baca juga: Pemkot Tangerang raih penghargaan KASN terkait manajemen pengisian jabatan

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023