Sebanyak 13.876 Keluarga Risiko Stunting (KRS) di Kabupaten Lebak, Banten menerima bantuan pangan berupa telur sebanyak 10 butir dan daging ayam beku satu ekor dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) yang didistribusikan melalui PT Pos Indonesia.
 
Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana pada Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak serta Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) Kabupaten Lebak Tuti Nurasiah di Lebak, Selasa, mengatakan bantuan pangan tersebut untuk meningkatkan gizi anak-anak KRS agar tidak menjadi stunting.
 
Ia mengatakan penyaluran bantuan pangan tersebut didistribusikan sejak Juli lalu sampai terakhir Desember 2023 di 28 kecamatan.
 
"Kami berharap bantuan pangan itu bisa berlanjut pada tahun 2024," kata Tuti.

Baca juga: 200 calon pengantin di Lebak dapat edukasi penurunan stunting
 
Menurut dia, pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda) berkolaborasi melakukan intervensi terhadap anak stunting dan KRS melalui penyaluran pangan, pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan ibu hamil, pemeriksaan balita, hingga pencatatan calon pengantin dan edukasi pencegahan stunting.
 
Upaya yang dilakukan pemerintah itu, kata dia, untuk mempersiapkan generasi emas 2045 sehingga tidak ada lagi di Kabupaten Lebak kasus stunting.
 
Pihaknya bekerja keras dengan semua instansi terkait juga lembaga negara seperti TNI, Polri, pengadilan, dan kejaksaan,  untuk mengatasi stunting itu.

Baca juga: Pj Gubernur Banten apresiasi kemajuan Kabupaten Lebak
 
Selama ini, kata dia, penanganan stunting relatif baik, bahkan patut diapresiasi karena angka prevalensi stunting di Kabupaten Lebak menurun dari 4.618 anak, menjadi 3.736 anak sampai Oktober 2023. 
 
"Kami optimistis kasus stunting turun menjadi 14 persen tahun 2024 bisa terealisasi sesuai harapan Presiden Joko Widodo," katanya.
 
Sementara itu Aminah (30), warga Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, mengatakan selain menerima bantuan pangan, ia juga mendapatkan bantuan paket sembako dari BKKBN pusat pada kegiatan sosialisasi percepatan penurunan stunting tersebut.
 
Penerimaan bantuan paket sembako juga didampingi oleh Tim Pendamping Keluarga (TPK) penanganan stunting.

Baca juga: Enam desa di Lebak Banten terbebas dari stunting

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023