Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar mengapresiasi Kabupaten Lebak mengalami kemajuan di berbagai bidang sehingga ke depan bisa sejajar dengan daerah lain di Provinsi Banten.
 
"Dulu desa tertinggal di daerah ini mencapai 196 desa dan hingga kini terus menurun," katanya saat memperingati HUT Kabupaten Lebak ke-195 di Rangkasbitung, Sabtu.
 
Kemajuan pembangunan Kabupaten Lebak mampu menurunkan jumlah desa tertinggal dan sangat tertinggal
 
Menurut Gubernur, dampak pembangunan proyek nasional, seperti Jalan Tol Serang-Panimbang, jalur ganda Commuter Line dan pembangunan Waduk Karian dipastikan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.
 
"Saat ini, para investor melirik Kabupaten Lebak, karena adanya kemudahan akses transportasi itu," katanya.

Baca juga: Pemkab Lebak targetkan saba budaya Badui tembus 40.000 wisatawan
 
Bahkan, menurut Gubernur, sejumlah investor perumahan, pertambangan, perkebunan, pertanian dan perikanan sudah menanamkan modalnya di Lebak sehingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi  setempat.
 
"Kami meyakini dengan tumbuhnya investor itu dipastikan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.
 
Menurut dia, Kabupaten Lebak memiliki potensi sumber daya alam (SDA) cukup besar, sehingga perlu dioptimalkan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.
 
Saat ini, Provinsi Banten masuk urutan ke 8 besar penyumbang pangan nasional di antaranya dari Kabupaten Lebak.
 
"Kami terus melakukan pembangunan secara bertahap untuk kemajuan Lebak agar terlepas dari ketertinggalan," katanya.

Baca juga: Enam desa di Lebak Banten terbebas dari stunting
 
Sementara itu, Penjabat Bupati Lebak Iwan Kurniawan mengatakan pihaknya berkonsentrasi untuk melepaskan ketertinggalan itu dengan memprioritaskan pembangunan sehingga bisa menghapuskan kemiskinan ekstrem, stunting, pengendalian inflasi hingga peningkatan ekonomi makro.
 
Peringatan HUT Lebak dengan tema " Bersatu Untuk Lebak Lebih Maju " , sehingga seluruh elemen masyarakat , bersatu, bergotong-royong, bahu-membahu untuk memajukan Kabupaten Lebak.
 
"Kami komitmen untuk melanjutkan perjuangan pembangunan untuk kemajuan daerah ini, sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Baca juga: Lepas ketertinggalan, Pj Bupati Lebak konsentrasikan bangun infrastruktur

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023