Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Banten menutup 2023 dengan sederet capaian kerja dan prestasi.

Kepala Kanwil Kemenkumham Banten, Dodot Adikoeswanto dalam keterangan resminya mengatakan capaian ini menjadi “refleksi” guna memberikan gambaran atas kinerja selama 2023 dan untuk menentukan target kinerja 2024.

Adapun, capaian-capaian tersebut diantaranya capaian dalam bidang Pembentukan Regulasi, dimana Kemenkumham Banten telah memfasilitasi sebanyak 55 (lima puluh lima) Reperda dan 89 (delapan puluh sembilan) Raperkada.

Baca juga: Jelang pemilu, Kemenkumham Banten gencarkan perekaman e-KTP bagi WBP

Selain itu, ada pula capaian di Bidang Pelayanan dan Penegakan Hukum, diantaranya, Penghargaan Terbaik Pertama Kinerja Anggaran di Bidang KI, Jumlah pelaksanaan MIPC terbanyak, dan Kinerja Program Penegakan dan Pelayanan KI. Yang mana, Kemenkumham Banten telah berhasil mencatatkan sebanyak 10.129 permohonan KI, 2 Penghargaan pelaksanaan KI dan melaksanakan 34 Kegiatan Diseminasi Kekayaan Intelektual.

"Yang terbaru, Kemenkumham Banten membawa pulang Predikat Terbaik II dalam Capaian Target dan Realisasi PNBP Sepanjang 2021-2023 di Rakornis Pelayanan AHU yang digelar Ditjen AHU pada 29-30 November 2023 kemarin," kata Dodot.

Dalam Bidang Pemajuan HAM, Kemenkumham Banten berhasil mengukuhkan 6 Satuan Kerja termasuk Kantor Wilayah sebagai Satuan Kerja  Pelayanan Publik Berbasis HAM.

Sedangkan, di Bidang Dukungan Manajemen, Kemenkumham Banten berhasil memperoleh Predikat sebagai "Badan Informatif Publik" dari Komisi Informasi Provinsi Banten dengan nilai 91.18.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Banten raih penghargaan keterbukaan informasi publik

Tak kalah, di Bidang Pemasyarakatan, Kanwil Kemenkumham Banten memperoleh penghargaan dari Badan Narkotika Nasional Provinsi Banten atas partisipasi aktif pelaksanaan program P4GN.

Meski sederet capaian kerja dan prestasi berhasil diraih Kemenkumham di 2023, Dodot Adikoeswanto tak ingin berpuas diri begitu saja. Ia ingin semua capaian ini menjadi pemacu semangat jajaran Kemenkumham Banten untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat.

"Jangan menyerah. Saya minta kepada jajaran tetap lakukan penegakan hukum dan pelayanan publik, namun lakukan dengan humanis, sesuai Perundang-Undangan dan profesionalisme", pungkas Dodot.

Baca juga: Kakanwil Kemenkumham Banten dilantik dan sumpah jadi anggota MPWN-MKNW
Baca juga: Minum oplosan, dua narapidana Lapas Serang meninggal dunia

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023