Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Provinsi Banten melakukan gerakan penanaman 100 pohon sebagai mengatasi perubahan iklim, pemanasan global, dan polusi udara secara nasional.

Kegiatan gerakan penanaman pohon tersebut dilaksanakan di Kawasan Suvarna Sutera, Desa Wanakerta, Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang dengan terhubung secara langsung bersama Presiden RI Joko Widodo.

"Kami beserta jajaran Forkopinda dan Kementerian Lingkungan Hidup melakukan penanaman 100 pohon di Desa Wanakerta Kecamatan Sindang Jaya, Suvarna Sutera dengan empat jenis pohon yang berbeda, kita mengikuti tanam pohon secara serentak dengan presiden," kata Pj Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono di Tangerang, Rabu.

Baca juga: PLN Banten tanam pohon produktif di 13 titik lokasi

Ia berharap, dengan penanaman pohon tersebut bisa menjadi pemicu untuk gerakan-gerakan penghijauan lainnya dan menjaga kelestarian lingkungan di seluruh wilayah Kabupaten Tangerang.

"Kami juga mohon bantuannya pada Kementerian lingkungan hidup untuk membantu Kabupaten Tangerang dalam hal penghijauan terutama bisa memberikan bibit pohon kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang," ungkap dia.

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan gerakan penanaman pohon tersebut dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dengan memanfaatkan momentum musim hujan yang bergulir mulai Desember 2023.

"Ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi perubahan iklim, antisipasi pemanasan global, dalam rangka mengatasi polusi yang sudah kita rasakan, nyata terjadi dan kita rasakan semuanya," kata Presiden Jokowi usai menanam pohon jenis pulai di Hutan Kota Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur.

Ia juga menandaskan penanaman pohon tersebut sekaligus menandai gerakan penanaman pohon serentak di seluruh provinsi di Indonesia dengan melibatkan peran perusahaan, asosiasi, pemerintah pusat maupun daerah dan para pemangku kepentingan terkait.

Untuk itu, lanjut Presiden, mengajak mengajak ke semua pihak termasuk masyarakat Indonesia untuk menanam pohon di lingkungan masing-masing.

"Terima kasih partisipasinya. Saya mengajak seluruh masyarakat untuk menanam pohon apapun di lingkungan masing-masing," kata Presiden Jokowi.

Baca juga: Bertepatan musim hujan, Presiden Jokowi serukan gerakan tanam pohon

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023