Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten meraih penghargaan dari Menteri Koperasi dan UKM RI sebagai Dinas KUKM provinsi tercepat dan terbaik kedua atas pendataan lengkap KUMKM 2022.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten, Agus Mintono dalam keterangan yang diterima Rabu mengatakan penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki pada acara Rakornas Pemanfaatan Hasil PL KUMKM Tahun 2022 di Nusa Dua, Bali beberapa waktu lalu.

Agus menjelaskan Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM (PL KUMKM) tersebut telah dilaksanakan pada tahun 2022 lalu dan baru di lima kabupaten/kota yaitu, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang.

Baca juga: Al Muktabar sebut koperasi berkontribusi dalam pengendalian inflasi

"Untuk sisanya tiga kab/kota yaitu Kota Cilegon, Kota Serang dan Kota Tangsel dilaksanakan pada bulan September 2023 lalu," katanya.

Agus menambahkan, target PL KUMKM tahun 2022 untuk lima kab/kota di Provinsi Banten adalah sebesar 350.000 responden/data yang terdiri dari koperasi dan pelaku usaha mikro dan kecil. 

"Dari target tersebut Banten berhasil mendata sebesar 343.000 data KUMKM atau sebesar 98 persen," kata Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Prov Banten, Arief Rachman. 

Baca juga: Koperasi pegawai Pemkot Tangerang kembangkan usaha lewat mini market
 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023