Pemerintah Kota (Pemkot) Serang menyalurkan bantuan kursi dan meja kepada SDN Ambon, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Provinsi Banten, guna mendukung kegiatan belajar mengajar yang memadai di sekolah tersebut.
 
Asisten II Sekretaris Daerah Kota Serang Yudi Suryadi di Serang, Senin, mengatakan bantuan tersebut sebagai respons terhadap keadaan siswa kelas 3 SDN Ambon yang melaksanakan kegiatan mengajar secara lesehan di lantai, selama berbulan-bulan.
 
"Sebanyak 10 setel meja dan kursi baru telah disalurkan pemkot ke SDN Ambon," katanya.

Baca juga: Siswa SDN Ambon Kota Serang terpaksa belajar di lantai
 
Ia mengatakan hal ini bisa segera ditangani karena sifatnya relatif kecil dan bisa dilakukan penanganan melalui anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

"Pengadaan ini bisa cepat dilakukan karena penggantian meja dan kursi yang tidak layak masih merupakan tingkat kerusakan kecil," katanya.
 
Pemkot Serang mendorong Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat terus melakukan pengecekan seluruh sekolah guna mengatasi berbagai kekurangan yang masih dialami dalam mewujudkan kegiatan belajar mengajar secara memadai.
 
“Khawatir masih ada sekolah yang kekurangan mebeler ini segera, kalau belum teranggarkan bisa dianggarkan," katanya.

Baca juga: Wali Kota Serang lantik 24 Kepala Sekolah dan 5 Auditor Inspektorat

Pemkot Serang secara bertahap melakukan pembenahan terhadap berbagai sekolah di daerah setempat.
 
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang Tubagus Suherman mengatakan penyerahan kursi dan meja ini juga sebagai jawaban atas ultimatum Ketua DPRD Kota Serang yang sebelumnya mendatangi SDN Ambon.
 
"Jadi dewan meminta dalam waktu dua minggu mebeler ini sudah ada dan jika dalam waktu itu tidak disiapkan maka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang akan mendapatkan teguran keras dari beliau," katanya.
 
Pihaknya dalam waktu empat hari mengatasi persoalan tersebut. Pihak sekolah juga telah mengajukan pengadaan meja dan kursi siswa di Aplikasi Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah) sejak Juli lalu.

Baca juga: Pria di Serang berhasil manfaatkan limbah pelepah pisang bernilai jual

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023