Sebanyak 20 kolaborator dari dalam dan luar negeri berpartisipasi dalam Collateral Event Bintaro Design District 2023 yang digelar di gedung SOUTH78 Tangerang Banten.

Program manager Collateral Event Bintaro Design District yakni Pelly Sianova di Tangerang, Kamis mengatakan event yang digelar untuk kedua kalinya ini menampilkan enam karya seni instalasi yakni membumi, nature tech material, project rebirth, live in harmony with nature, life after life, great architecture fest 2023.

"Kegiatan ini menjadi harapan lahirnya ide dan gagasan kreatif baru dalam perkembangan industri desain dan kreatif di Indonesia. Bahu-membahu dalam mendukung industri ini agar terus maju," kata Pelly.

Baca juga: Warga diminta berembug usai PSU diserahkan ke Pemkot Tangerang

Ia menambahkan kegiatan yang dilaksanakan 8-18 November 2023 berisi 10 kegiatan diantaranya seminar, workshop (lokakarya), kompetisi dan design talks yang mengajak publik untuk melakukan gerakan menghargai alam, mengekspresikan diri melalui berbagai karya seperti pembuatan karya dengan barang bekas, membuat tempe tanpa plastik dan banyak kegiatan menarik lainnya.

"Kita anggap ini sebagai lebarannya pekerja kreatif. Kita harapkan mereka bisa bertukar ide dan pengetahuan untuk lahirnya gagasan baru yang dibutuhkan masyarakat kini," katanya.

Direktur Utama SOUTH78 yakni William Simiadi menambahkan pihaknya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat merangkul berbagai lapisan dari disiplin kreatif, seperti arsitektur, desain interior, graphic design, product design, musik, hingga retail, untuk saling berbagi peran positif.

Baca juga: Jaya Real Property kembali hadirkan hunian baru di Bintaro Jaya

“SOUTH78 berharap dapat menjadi solusi dan inspirasi terutama bagi komunitas yang mengapresiasi desain dan kreativitas, termasuk di area sekitar Tangerang, Tangerang Selatan dan sekitarnya yang area residensialnya banyak didominasi generasi muda,” katanya.

Collateral Event Bintaro Design District 2023 mengangkat tema Envisioning Nature atau membayangkan alam di masa depan. Para kurator yakni Andra Matin, Budi Pradono, Danny Wicaksono, dan Hermawan Tanzil ingin mengajak para pekerja kreatif untuk terlibat memikirkan tentang alam dan hubungannya dengan desain serta kehidupan kontemporer.

"Diharapkan dari kuratorial tahun ini untuk dapat mendengarkan dan menampilkan ragam gagasan yang dapat memperkaya persepsi bersama mengenai desain dapat menghargai alam untuk meningkatkan kualitas hidup kita bersama," kata Andra Matin.

Baca juga: Pemkot Tangsel bentuk tim pemantau netralitas ASN pada Pemilu 2024

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023