Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, Banten, menargetkan sebanyak 7.754 tenaga kesehatan (nakes) mengikuti imunisasi Hepatitis B untuk memberikan perlindungan kepada mereka, karena termasuk dalam kelompok yang rentan tertular penyakit tersebut.

"Pemkot Tangerang menargetkan seluruh tenaga medis dan juga tenaga kesehatan di Kota Tangerang yang berjumlah 7.754 orang, dapat segera menjalani imunisasi Hepatitis B," kata Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin usai mendampingi Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin pada kegiatan pencanangan imunisasi Hepatitis B di RSUD Tangerang, Rabu.

Ia mengatakan pada hari pertama pelaksanaan imunisasi Hepatitis B di Kota Tangerang berlangsung di tiga lokasi fasilitas kesehatan yakni Puskesmas Neglasari, RSUD Kota Tangerang, dan juga RS Sari Asih Karawaci.

Baca juga: 15 ribu nakes di Banten segera mendapat vaksin Hepatitis-B

"Selanjutnya dilakukan di seluruh fasilitas kesehatan di Kota Tangerang," ujarnya.

Kota Tangerang menjadi lokasi digelarnya acara pencanangan Imunisasi Hepatitis B untuk Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan Menuju Indonesia Bebas Hepatitis 2030 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Pencanangan dilakukan secara serentak pada delapan provinsi dan secara simbolis diresmikan oleh Menkes Budi Gunadi Sadikin, di RSUD Tangerang.

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan imunisasi Hepatitis B yang diperuntukkan bagi tenaga medis dan tenaga kesehatan merupakan langkah preventif dari pemerintah untuk memberikan perlindungan bagi mereka yang termasuk kelompok yang rentan tertular.

"Tingkat atau risiko kematiannya juga cukup tinggi, soalnya kalau tidak terdeteksi bisa menyebar ke hati lalu kanker," katanya.

Baca juga: BP2MI berangkatkan 12 tenaga perawat ke Jerman

Pewarta: Achmad Irfan

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023