Ita Rohmah pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Opak Raos binaan PLN Peduli PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten menjadi perwakilan Provinsi Banten pada ajang Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI).

Siaran tertulis PLN UID Banten Jumat, menyebutkan, Ita Rohmah meraih prestasi dan masuk 10 besar pada ajang bergengsi tersebut, terlebih ia mewakili Provinsi Banten. 

Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI, Raden Isnanta dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemuda yang terpilih dalam Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Tahun 2023 diharapkan dapat menjadi sosok pemuda yang menginspirasi pemuda di seluruh Indonesia.

“Melalui kegiatan ini, kami menginginkan agar teman-teman menjadi pemuda pelopor yang dapat menginspirasi pemuda di seluruh Indonesia. Sehingga potensi pemuda yang ada di daerah dapat diberdayakan untuk kemajuan pembangunan Indonesia,” kata Isnanta.

Baca juga: PLN Banten tuntaskan pemasangan meteran listrik canggih AMI tahap I

Disebutkan pula dalam proses mengikuti gelaran itu dilakukan seleksi secara bertahap, pertama pada tingkat Kabupaten Pandeglang pada 15 Mei 2023 yang diikuti oleh 50 peserta, dimana Ita Rohmah berhasil meraih Juara 1 sehingga dapat melaju pada tingkat Provinsi Banten pada 7-8 Juni 2023 yang diikuti 40 peserta.

Ita berhasil meraih Juara 1 pada kategori Pemuda Pelopor Bidang Pangan, selanjutnya mewakili Provinsi Banten untuk Ajang Pemuda Pelopor Kemenpora 2023 dan bersaing dengan 59 peserta pilihan dari seluruh Indonesia pada Oktober lalu.

Ita Rohmah, pemilik UMKM Opak Raos menyebutkan bahwa dirinya merasa senang bisa menjadi 10 besar tingkat Nasional dan akan terus berusaha mengembangkan UMKM nya.

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur masuk 10 besar. Tahun depan akan ditingkatkan lagi sehingga bisa membawa UMKM Opak Raos Binaan PLN UID Banten menjadi Juara 1 tingkat nasional. Ini menjadi pengalaman dan pembelajaran untuk terus berkembang,” ujar Ita.

Baca juga: Tarif listrik nonsubsidi tidak naik

General Manager PLN UID Banten, Abdul Mukhlis, mengaku bangga karena ada UMKM binaan yang berhasil menembus ajang tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kemenpora RI. Hal itu menunjukan bahwa UMKM binaan PLN memiliki keunggulan dan daya saing.

“Kami mengucapkan selamat kepada UMKM Opak Raos atas capaian prestasi yang telah diraih. Kami ikut berbangga, karena PLN juga menjadi bagian dari kemajuan UMKM Opak Raos sejauh ini. Semoga dapat semakin maju dan jangkauan produknya semakin luas,” kata Abdul Mukhlis.

Lebih lanjut Abdul Mukhlis menjelaskan bahwa PLN berkomitmen mendukung pengembangan UMKM dengan melakukan pembinaan dan pemberian bantuan untuk UMKM. 

Menurutnya, upaya yang dilakukan PLN merupakan komitmen PLN terhadap prinsip Environmental, Social and Governance (ESG) dalam menciptakan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

“Sektor UMKM adalah tulang punggung perekonomian di Indonesia, sehingga PLN akan terus memberikan pendampingan kepada para pelaku UMKM untuk meningkatkan produktivitasnya. Saat ini juga PLN telah memberikan wadah bagi UMKM untuk memasarkan produknya melalui marketplace dalam aplikasi PLN Mobile," katanya. 

Baca juga: Semarakkan Hari Pelanggan Nasional, PLN sapa pelanggan di "Car Free Day" Cilegon
 

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023