Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang menerapkan sistem pelayanan digital untuk penggunaan sistem radiologi berbasis teknologi atau Picture Archiving and Communication System (PACS).

Direktur Utama RSUD Kota Tangerang dr OU Taty Damayanty, di Tangerang, Selasa, menuturkan PACS merupakan sistem penyimpanan dan pengambilan gambar radiologi yang dikelola dengan format digital yang dapat dilihat di layar komputer atau smartphone.

PACS mampu dioptimalkan untuk memperoleh, mengolah, menyimpan, serta mendistribusikan hasil pemeriksaan radiologi yang dilakukan.

“Saat ini, PACS diimplementasikan untuk berbagai pemeriksaan, seperti CT Scan, USG, dan rontgen sehingga mudah diakses dari lokasi manapun,” ujar Taty Damayanty dalam keterangannya.

Baca juga: RSUD Tangerang sediakan layanan operasi jantung

Ia melanjutkan, PACS juga dinilai mampu mengintegrasikan seluruh data pemeriksaan radiologi yang dimiliki pasien di RSUD Kota Tangerang.

Hal ini membuat pemeriksaan di RSUD Kota Tangerang dapat berjalan lebih optimal, sehingga saat ini dapat melayani 2.700 pasien pemeriksaan radiologi per bulan dengan rata-rata 100 pasien setiap harinya.

“PACS ini bermanfaat untuk proses digitalisasi radiologi terkait produktivitas instalasi radiologi, sehingga sistem kerja di RSUD Kota Tangerang dapat berjalan lebih efektif dan efisien,” katanya.

Selain itu, implementasi PACS di RSUD Kota Tangerang dinilai berhasil meningkatkan pemeriksaan radiologi dapat berjalan lebih cepat, efektif, dan efisien.

Baca juga: RSUD Tangsel disiapkan untuk perawatan pasien cacar monyet

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023