Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin mengatakan peringatan hari Sumpah Pemuda menjadi momentum para pemuda meningkatkan kreativitas sebagai bentuk kontribusi pada kemajuan bangsa.

"Di tengah perkembangan teknologi, pemuda memiliki peran penting dalam menjawab setiap tantangan yang ada," kata Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin saat menghadiri peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun, di Lapangan Ahmad Yani, Kota Tangerang, Sabtu.

Ia mengatakan para pemuda di Kota Tangerang harus lebih inovatif dalam menghadapi perkembangan teknologi. Pemuda harus menjadi inspirasi bagi pemuda lainnya.

Baca juga: Bupati Lebak ajak pemuda berperan aktif dalam pembangunan

Di tengah perkembangan zaman ini, kata Wakil Wali Kota Sachrudin, juga menjadi kesempatan untuk para pemuda dalam meningkatkan kemampuan dan keahlian yang dimiliki.

"Kita hidup di era digital yang penuh dengan teknologi canggih. Untuk itu, generasi muda harus menjadi pelopor dalam pemanfaatan teknologi ini untuk kemajuan bangsa. Karena Inovasi dan kreativitas pemuda adalah kunci kemajuan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Sachrudin juga berharap agar para pemuda dan seluruh masyarakat senantiasa bersatu membangun masa depan yang lebih cerah dan maju bagi Indonesia. "Mari kita bersatu, untuk Indonesia maju,” katanya.

Baca juga: Pemkot Tangerang gelar Shalat Istisqa di areal TPA Rawa Kucing

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang Kaonang menuturkan, upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ini dilakukan dalam rangka menghadirkan kembali semangat persatuan, kesatuan, dan kebersamaan untuk terus mendorong kemajuan di Kota Tangerang.

Diselenggarakan dengan menggunakan pakaian serba adat Nusantara, Pemkot Tangerang juga menggandeng para pemuda inspiratif asal Kota Tangerang, salah satunya yakni Sheila Zhafira, Duta Pemuda Provinsi Banten dalam Program Singapura Indonesia Youth Leader Program (SYLEP) Tahun 2023 yang bertugas sebagai pembina upacara.

"Alhamdulillah, peringatan kali ini berjalan sangat lancar. Istimewa dibanding peringatan sebelumnya, upacara peringatan kali ini diisi oleh pemuda semuanya. Mulai dari peserta, pelaksana, sampai petugas upacara semuanya diisi oleh pemuda-pemuda asal Kota Tangerang,” katanya.

Baca juga: Habitat Indonesia bangun 50 unit rumah layak huni di Tangerang

Shiela Zhafira yang ikut program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) menuturkan para generasi muda harus bisa menghadapi perkembangan teknologi. Dalam arus informasi yang semakin cepat membuat kesenjangan penguasaan terhadap teknologi dan informasi antar generasi harus semakin ditingkatkan.

Untuk mengimbangi percepatan tersebut, kata Shiela, harus diikuti dengan peningkatan kemampuan dan pengetahuan.

“Informasi serta Literasi Digital menjadi sesuatu yang harus ditekuni. Peran strategis pemuda untuk 30 tahun mendatang itu, bagaimana pembangunan dapat dilakukan lebih cepat. Pemuda harus tolong-menolong lintas generasi. Karena kerja sama dan kolaboratif untuk menuju Indonesia lebih maju,” katanya.

Baca juga: PMI berikan layanan pendampingan ke pengungsi kebakaran TPA Rawa Kucing

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023