Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah optimistis hasil pertanian di daerah itu bisa masuk pasar internasional, apalagi kabupaten itu menjadi daerah lumbung pertanian dan mencapai swasembada pangan daerah.

Tatu di Serang, Banten, Rabu, menyampaikan Kabupaten Serang harus memiliki produk unggulan di bidang pertanian agar dapat menarik investor untuk masuk ke daerah tersebut.
 
"Ada beberapa produk pertanian yang sedang dikembangkan, di antaranya buah naga, bunga sedap malam, melon kuning, dan talas beneng," katanya.

Baca juga: Pemkot Serang sepakati anggaran Pilkada 2024 Rp35,2 miliar
 
Tatu mengatakan produk unggulan pertanian ini difokuskan di beberapa kecamatan, sehingga dapat dikenal ke berbagai daerah.
 
"Talas beneng sudah masuk pada pasar ekspor, sudah jelas negara yang jadi pasarnya, kalau sudah jelas begitu tinggal dikembangkan saja pertaniannya," katanya.
 
Pihaknya meminta kepada para penyuluh pertanian untuk terus meningkatkan kapasitasnya, karena mereka sebagai mentor para petani di lapangan.
 
"Kalau ada persoalan para petani, penyuluh pertanian ini yang punya solusi, dia harus dapat memecahkan masalah para petani, misalkan soal penyakit hama," katanya.
 
Tatu juga berharap dengan adanya dorongan hasil pertanian di Kabupaten Serang untuk masuk pasar internasional ini dapat membantu mengembangkan pertumbuhan ekonomi petani di Banten, khususnya di Kabupaten Serang.

Baca juga: Polisi Serang tangkap pelaku curanmor yang resahkan warga
 

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023