Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang menyebutkan ada 277 unit alat bantu disabilitas yang disalurkan ke masyarakat pada tahun ini yang berasal dari APBD Pemkot dan APBN Kementerian Sosial (Kemensos).

Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang, Mulyani, di Tangerang, Selasa, mengatakan alat bantu disabilitas yang diberikan antara lain 70 kursi roda, 77 alat bantu dengar, 17 tongkat disabilitas, 10 walker, satu tangan palsu, satu sepatu AFO, dan satu kaki palsu.

“Ini sebagai komitmen nyata Dinsos Kota Tangerang dalam meningkatkan kapasitas para penyandang disabilitas dalam menjalankan aktivitas mereka," ujarnya.

Mulyani menjelaskan alat bantu menjadi kebutuhan dasar yang berpengaruh besar terhadap partisipasi penyandang disabilitas dalam berbagai aspek pembangunan. Oleh karena itu Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang memiliki program peningkatan kualitas hidup dengan menyalurkan alat bantu disabilitas pada 13 kecamatan.

Baca juga: Pemkot Tangerang gelar operasi bersihkan fasum hingga tertibkan parkir liar

Hal ini sebagai upaya untuk melindungi, menghormati, memajukan, dan memenuhi hak-hak penyandang disabilitas, sesuai dengan UU Nomor 11/2009 tentang Kesejahteraan Sosial, UU Nomor 19/2011 tentang Pengesahan Konvensi Hak-Pak penyandang Disabilitas, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 52/2019 serta PP Nomor 52/2019 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial Bagi Penyandang Disabilitas.

"Ini bertujuan mewujudkan harkat dan martabat penyandang disabilitas di mata masyarakat umum, terpenuhinya hak-hak dasar, serta mengantisipasi terjadinya praktik diskriminasi,” katanya.

Dinsos berharap dengan bantuan ini kondisi penyandang disabilitas bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya dan melaksanakan fungsi sosialnya di lingkungan masyarakat dan hidup mandiri.

“Mereka yang tadinya hanya di dalam rumah saja, tiduran saja atau duduk saja, dengan kursi roda ini bisa keluar rumah dan bersosialisasi dengan lingkungan. Terlebih, mereka bisa melakukan aktifitas yang lebih produktif untuk peningkatan kualitas hidup mereka,” katanya.

Ia berharap lebih banyak masyarakat Kota Tangerang yang mengetahui program bantuan alat bantu disabilitas atau lansia ini. "Sehingga yang merasakan program ini bisa lebih banyak lagi. Keberadaan Pemkot Tangerang pun kian terasa oleh masyarakat yang lebih luas lagi," katanya.

Baca juga: KPU Kota Tangerang terima pergantian empat bacaleg

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023