Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang Banten menyebutkan sebanyak 112 kelompok wanita tani (KWT) binaan telah mendorong terwujudnya ketersediaan, ketahanan, dan kedaulatan pangan.

"KWT selama ini telah memberikan kontribusi penting secara signifikan di Kota Tangerang terkait ketahanan dan kedaulatan pangan," kata Muhdorun di Tangerang Senin.

Ia menjelaskan, DKP Kota Tangerang bekerjasama dengan 112 KWT tersebut berhasil mendistribusikan berbagai bibit secara berkala seperti bibit sayuran, bibit buah-buahan, bibit ikan, dan berbagai bibit ternak lainnya.

Baca juga: DKP berikan pelatihan kelompok wanita tani peracikan nutrisi hidroponik

Tidak hanya itu, DKP Kota Tangerang juga mencatat sampai tahun 2023 ini pendistribusian bibit tersebut telah berjumlah puluhan sampai ratusan ribu.

“Selama ini, KWT juga telah menerima pendistribusian bibit-bibit yang diberikan DKP Kota Tangerang. Tercatat, 44.130 bibit sayuran telah didistribusikan, 3.935 bibit buah telah didistribusikan, dan 150.800 bibit ikan juga telah didistribusikan,” ujarnya.

Selain itu, DKP Kota Tangerang menilai keberadaan 112 KWT di Kota Tangerang ini telah memberikan manfaat yang sangat besar pada daerah maupun lingkungan,

"DKP Kota Tangerang ke depannya akan terus mendorong terbentuknya KWT baru untuk mewujudkan ketersediaan, ketahanan, dan kedaulatan pangan di Kota Tangerang berjalan secara maksimal," kata dia.

Sementara itu, sebaran KWT di Kota Tangerang meliputi Karawaci ada 49, Jatiuwung ada 18, Neglasari ada delapan, Larangan ada sembilan, Batuceper ada tujuh, Ciledug ada enam, Benda ada tiga, Cibodas ada lima, Pinang ada satu, Tangerang ada tiga, Periuk ada dua dan Cipondoh ada satu.

Baca juga: Disdik Kota Tangerang gelar Porseni jaring bakat olahraga dan seni
Baca juga: BNN gelar tes urine bagi pegawai Dispora Kota Tangerang

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023