Serang (Antara News) - Dinas Sosial Provinsi Banten, melalui Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD)  mengusulkan KH Tb Ahmad Chatib untuk ditetapkan sebagai pahlawan nasional oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten Nurhana di Serang, Kamis, mengatakan usulan pahlawan nasional untuk pejuang asal Banten KH Tb Ahmad Chatib tersebut berdasarkan usulan dari Pemerintah Kota Serang. Pihaknya saat ini sedang mengumpulkan berkas-berkas persyaratan termasuk akan menelusuri jejak KH Tb Ahmad Chatib ke Boven Digul saat dibuang oleh Belanda ke daerah tersebut sekitar Tahun 1926.

"Hari ini kita menyelenggarakan seminar untuk mencocokan data-data termasuk meminta keterangan dari pihak keluarganya," kata Nurhana usai seminar Perjuangan Pahlawan Asal Banten KH Tb Ahmad Chatib.

Ia mengatakan, setelah mengumpulkan data-data dan bukti terkait perjuangan KH Tb Ahmad Chatib termasuk hasil penelusuran jejak di Boven Digul, pihaknya akan segera menyampaikan kepada pemerintah pusat melalui tim peneliti dan pengkaji gelar di tingkat nasional. Sehingga diharapkan pada peringatan hari pahlawan nasional tahun ini, usulan pahlawan nasional yang disampaikan Pemprov Banten bisa disetujui dan ditetapkan oleh pemerintah.

"Sampai saat ini persyaratan yang sudah dilengkapi sekitar 80 persen. Kita berharap tahun ini usulan kita bisa diterima," kata Nurhana.

Sebelumnya, kata dia, Pemprov Banten juga mengusulkan sejumlah nama pejuang asal Banten untuk ditetapkan sebagai pahlawan nasional, salah satunya yakni Sjafruddin Prawiranegara.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Banten Ranta Soeharta berharap usulan yang disampaikan Pemprov Banten kepada pemerintah pusat bisa diterima. Dengan demikian jumlah pejuang asal Banten yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional terus bertambah.

"Seminar ini mudah-mudahan bisa melengkapi apa yang menjadi persyaratan untuk usulan pahlawan nasional itu. Tahun kemarin juga kita usulkan Ki Wasid, Brigjen KH Sjam'un, walaupun belum berhasil terus kita perjuankan karena bersaing dengan daerah lain. Sebelumnya yang sudah ditetapkan Sjafruddin Prawiranegara," kata Ranta Soeharta usai membuka seminar tersebut.

Seminar Perjuangan Pahlawan Asal Banten KH Tb Ahmad Chatib tersebut menghadirkan sejumlah narasumber dari kalangan ahli sejarah serta keluarga dari Alm KH Tb Ahmad Chatib.

KH. TB Ahmad Chatib ibn Wasi' al-Bantani ini dilahirkan di sebuah kampung bernama Gayam, Kabupaten Pandeglang pada hari Ahad Tahun 1885 dan meninggal dunia di  Gayam, pada Minggu 19 Juni 1966. 

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017